Daftar Pantai di Indonesia dengan Pemandangan Memukau

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki tempat wisata alam yang indah. Mulai dari laut, gunung, danau, bahkan pantainya pun sangat indah. Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia adalah karena pantainya yang indah. Bahkan saking banyaknya, nungkin kita sendiri yang merupakan orang pribumi masih belum mengunjungi pantai-pantai indah berikut ini. Diantara banyaknya pantai di Indonesia , berikut ada beberapa nama pantai yang bisa kita jadikan sebagai alternatif menghabiskan waktu liburan bersama dengan orang terdekat.

Sebelum kita bahas nama-nama pantainya, mari kita lihat apa saja karakteristik pantai yang paling disukai oleh masyarakat pada umumnya. Meskipun setiap orang memiliki selera yang berbeda, namun beberapa pantai yang akan kita bahas nanti setidaknya disukai karena beberapa karakteristik berikut. Yang pertama adalah karena warna pasir, kedua karena pemandnagan sekitar di sekitar pantainya, dan yang ketiga tempat yang bagus untuk melihat sunset maupun sunrise. Ketiga alasan inilah yang seringkali menjadi daya tarik bagi mereka yang menyukai pantai. namun, tentu saja itu hanya beberapa aspek umumnya saja karean setiap orang memiliki cara tersendiri menikmati pantai. Sekarang kita akan bahas beberapa pantai di Indonesia yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan sayang sekali jika tidak anda nikmati keindahannya.

Pexels.com

Pantai di Indonesia KhususnyaPulau Jawa

Dikelilingi oleh lautan membuat pulau jawa memiliki banyak sekali pantai indah, dan berikut beberapa pantai indah yang ada di daerah jawa. Jika anda orang jawa dan ingin berlibur ke pantai indah yang terdekat, mungkin beberapa pantai ini bisa anda jadikan pilihan. Atau mungkin untuk anda yang sedang berkunjung di pulau jawa dan ingin menikmati, beberapa pantai berikut sebaiknya anda ingat namanya.

  1. Pantai Balekambang, Malang

Salah satu pantai indah yang bisa anda nikmati di daerah Jawa Timur adalah Pantai Balekambang. Pantai yang bearada di daerah Malang memiliki spot yang unik yaitu sebuah pura kecil. Pura ini berjarak 100 meter dari pantai.

  1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Masih di sekitar Jawa Timur, ada Pantai Pulau Merah yang sebaiknya anda kunjungi jika anda ingin menikmati pemandangan sunset yang indah. Jika sedang surut, ada bukit kecil anda capai dengan berjalan kaki dari tepi pantai.

  1. Kepulauan Karimun Jawa

Pantai lainnya adalah pantai yang terletah di Jawa Tengah, lebih tepatnya di sebeluh utara Jepara. Ada banyak pantai yang bisa dinikmati di Kepualauan Karimun Jawa ini mulai drai pantai Barakuda, Pantai Nirwana, dan masih banyak lagi.

  1. Pantai Banyutibo, Pacitan

Tak banyak pantai yang memberikan pemandangan pantai sekaligus air terjun dalam satu tempat. Bahkan bisa dibilang tidak ada yang menyamai pantai yang satu ini. Di Pantai Banyutibo ini, sesuai dengan namanya terdapat sebuah air terjun yang terletak tepat di pinggir pantai. Jika anda penasaran, anda bisa mengunjungi pantai yang terletak di Pacintan Jawa Timur ini.

  1. Pantai Carita, Banten

Banten memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak pantai indah. Salah satu pantai yang dikenal dengan keindahannya adalah pantai Carita. Sebagai daerah yang dikelilingi oleh laut, ada juga berbagai pantai lain yang bisa dikunjungi di daerah Banten ini. Contohnya, ada Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, dan masih banyak lagi.

  1. Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan tempat wisata budayanya saja yang bagus, namun juga pantai yang indah. Salah satu pantai uyang bisa dikunjungi jika anda ke Yogyakarta adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini terletak di sekitar kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Desa Tepus, Yogyakarta.

Pexels.com

Pantai  Indah di Wilayah Kalimantan

Jika pantai di daerah Jawa Indah, maka pantai di daerah Kalimantan tak kalah menawannya. Bahkan banyak wisatawan asing yang datang jauh-jauh ke Kalimantan hanya untuk menikmati pemandangan pantainya yang memukau. Salah satu penyebab Indonesia memiliki banyak pantai Indah adalah karena Indoensia merupakan nega kepulauan yang terdiri dari banyak pulau, mulai dari pulau besar seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga pulau kecil yang bahkan masih yang belum terjamah manusia. Jika tadi kita sebutkan beberapa nama pantai yang ada di wilayah Jawa, maka sekarang saatnya kita kenali pantai yang ada di sekitar Kalimantan.

Berikut adalah beberapa pantai di Kalimantan yang bisa kita jadikan destinasi menarik untuk menghabiskan waktu liburan.  Meskipun wisata pantainya masih kalah populer dengan wisata danaunya, namun tidak ada salahnya menghabiskan waktu liburan di beberapa pantai di Kalimantan ini.

  1. Pantai Tanah Kuning

Pantai yang pasirnya berwarna putih ini berada di Daerah Kalimantan Utara. Pantai yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 2-3 jam ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih dan birunya air laut yang memanjakan mata.

  1. Pantai Batu Lamampu

Pantai yang lokasinya dekat dengan Malaysia ini termasuk pantai yang masih belum terlalu dikenal. Jika anda adalah pecinta pantai yang belum banyak terjamah wisatawa, disinilah tempatnya. Pantai ini terletak di pulau Sebatik dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 1 jam dari Ibukota Nunukan.

  1. Pantai Kelapa Mangkupadi

Masih seputar pantai yang berada di Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Utara. Di Pantai Kelapa Mangkupadi ini banyak pohon kelapa yang memberikan suasan teduh di pantai meskicuacanya sedang panas. Ditambah dengan angin sepoi-sepoi dari laut yang membuta suasan liburan semakin menyenangkan.

  1. Pantai Benua Patra

Bagi pecinta pantai yang terdapat bebatuan di sekitarnya, maka kunjungin salah satu pantai di Indonesia ini. Pantai yang terletak di Balikpapan ini cukup bersih, ditambah adanya tebing yang ada di pinggir pantai dengan suasana yang mirip di Bali. Selain itu, lokasinya juga cukup mudah di jangkau.

  1. Pantai Biduk-biduk

Satau lagi pantai di daerah Kalimantan yang menawarkan pemandangan yang masih asri yaitu Pantai Biduk-biduk. Karena belum terlalu dikenal oleh wisatawan, membuat kondisi pantai ini juga masih bersih. Hanya saja lokasi pantai yang satu ini mungkin agak jauh dari beberapa daerah. Sebenarnya masih banyak lagi pantai yang bisa dikunjungi di Kalimantan selain yang telah disebutkan di atas.

Pexels.com

Pantai Indah di Sulawesi Selatan

Rasanya kurang lengakp jika liburan ke Sulawesi tanpa mampir ke wisata pantainya. Pasalnya banyak pantai Indah yang dapat kita kunjungi di Sulawesi. Ada Pantai Talise, Pantai Olele, Panta Losari, dan masih banyak lagi. Mari kita kenali satu persatu Panti indah di Sulawesi berikut ini.

  1. Pantai Losari

Siapa yang tidak kenal pantai yang satu ini. Salah satu pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan ini memang memiliki pemandangan yang bagus. Pantai yang indah, terutama saat sunset. Pantai ini teletak di Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di sebelah barat kota Makassar.

  1. Pantai Tanjung Bira

Masih di sekitar Sulawesi Selatan, ada Pantai Tanjung Bira yang juga tak kalah indah dengan Pantai Losari. Pantai dengan air laut yang jernih dan pasir putih ini pastinya tidak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Selain menikmati angin alut yang sepoi-sepoi dan air laut yang bersih, anda juga bisa menikmati aktivitas snorkling untuk melihat pemandangan bawah laut yang tidak kalah indah dengan bagian pantainya. Sulawesi memang dikenal dengan wisata pantainya yang indah. Bahkan Sebagian besar Pantai di Indonesia yang populer di mancanegara terdapat di Provinsi Sulawesi.

Pexels.com

Pantai indah di Sulawesi Tenggara, Barat, dan Gorontalo

Selain di Sulawesi Selatan, Daerah Sulawesi lainnya juga memiliki pantai yang tidak kalah indah dengan pantai Losari yang amat terkenal.

  1. Pantai Bokori

Pantai berikutnya berlokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu di Pulau Bokori. Dari Kota Kendari, kita bisa berkendara sekitar 30 menit untuk mencapai pantai indah satu ini. Selain memiliki pemandangan yang indah untuk spot foto, anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas air lainnya seperti berenang, banana boat, jet sky, dan masih banyak lagi. Air lautnya yang jernih dan pasir putih di pantai ini membuat pemandangan pantai yang satu ini tak boleh anda lewatkan.

  1. Pantai Dato

Untuk yang gemar menikmati pemandangan batu karang di pinggir laut, maka Pantai Dato adalah tempat yang tepat. Tak hanya itu, pasir putih yang dimiliki pantai yang satu ini menambah pesona unik Pantai Dato ini.

  1. Pantai Olele

Selanjutnya adalah pantai yang terletak di Kabupaten Bone Bolango. Dearah ini juga merupakan pintu gerbang ke Taman Laut Olele yang memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Pantai Olele sering dijadikan tempat menikmati aktivitas pantai Diving untuk menikati pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Masih ada lagi pantai indah di provinsi Sulawesi yang bisa anda nikmati saat liburan seperti pantai Talise di Sulawesi Tengah, Pantai Pall di Sulawesi Utara, dan masih banyak lagi.

Pexels.com

Pantai di Bali

Sudah bukan rahasia kalau Bali merupakan pulau yang memiliki banyak pantai yang indah, Bahan Bali merupakan destinasi wisata yang paling disukai oleh para wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia. Saat kita berkunjung ke Pantai di Bali, pemandangan yang akrab dilihat adalah banyaknya wisatawan asing yang sedang menikmati aktivitas pantai seperti surfing, berjemur, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa pantai di Bali yang wajb anda kunjungi jika berada di Bali.

  1. Pantai Pandawa

Salah satu pantai yang saat ini sedang populer di kalangan wisatawan domestik adalah Pantai Pandawa. Pantai dengan pasir putih yang halus ini paling tepat untuk anda yang ingin bermain kano maupun sekedar berenang. Pasalnya air lautnya yang tenang tidak berbahaya untuk berenang.

  1. Pantai Karma Kandara

Pantai selanjutnya adalah pantai yang cocok untuk anda yang tidak menyukai pantai dengan terlalu banyak pengunjung. Tiket masuk yang cukup mahal merupakan salah satu alasan kenapa pantai yang satu ini tidak terlalu banyak pengunjung. Namun, itulah pesonanya, bagi anda yang ingin menikmati hidangan di restoran mewah sambil menikmati suasan pantai, maka disinilah tempatnya.

  1. Pantai Menjangan

Bagi yang suka menikmati pemandangan bawah lautnya, makadatanglah ke pantai ini. Pantai yang terletak di Daerah Bali Barat ini menyajikan pemandangan bawah laut yang menawa. Disinilah para pecinta snorkling dan diving dapat melakuka aktivitas favorit mereka.

Itulah beberapa pantai indah yang meskipun belum sepopuler pantai Kuta maupun Pantai Nusa Dua, namun pemandangannya justru masih alami. Meskipun pantai-panti di Bali semuanya dijaga dengan baik, namun ketiga pantai tersebut sepertinya harus anda kunjungi jika berlibur ke Bali.

Pantai di Lombok

Kurang lengkap rasanya jika kita membahas pantai tanpa membahas pantai di pulau satu ini. Lombok, yang merupakan salah satu pulau yang sedang populer di kalangan wisatawan asing maupun domestik. Bahkan Lombok tak kalah populer dengan Bali yang memang memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Lombok memiliki pantai-pantai menawan yang termasuk populer di antara beberapa pantai di Indonesia.

  1. Pantai Senggigi

Pantai yang tengah kabarnya mirip dengan pantai Kuta di Bali ini memang menjadi salah satu pantai yang sedang populer di kaangan para wisatawan. Pasalnya pantai Senggigi ini memiliki pemandangan yang cantik mulai drai hamparan pasir putihnya hingga warna air lautnya yang jernih. Ditambah dengan perbukitan yang mengelilingi pantai ini membuat pesonanya semakin dikagumi.

  1. Pantai mawun

Berikutnya adalah pantai Mawun yang juga dikelilingi oleh dua bukit. Anda bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus mencoba mendaki bukit yang ada di sekitarnya. Pemandangan pasir putih dan birunya air laut dapat dinikmati dari atas bukit.

  1. Gili Nanggu

Salah satu ikon populer yang paling banyak dikunjungi mereka yang datang ke Lombok adalah Gili Trawangan. Tapi, jika anda mencari pantai yang belum banyak dikunjungi, maka cobalah ke Gili Nanggu. Pantai yang dapat dicapai dengan jalur laut selama kurang lebih 30 menit ini merupakan pusat penangkaran penyu. Jadi, selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, anda juga bisa melihat penangkaran penyu. Jika menghabiskan waktu lebih dari sehari, ada resor yang bisa anda nikmati lengkap dengan fasilitasnya.

Pantai di Sumatera

Jika kita berbicara mengenai pantai di Indonesia yang patut anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup, maka Sumatera adalah tempatnya. Ada banyak pantai indah di Daerah Sumatra yang Sebaiknya anda kunjungi jika ingin menikati liburan sambil bermain di pantai. Ini dia beberapa pantai di Sumatera yang pemandangannya sangat indah dan tidak kalah dengan pantai populer yang ada di luar negeri.

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai yang terletak di Kepulauan Belitung ini memiliki jarak yang cukup jauh jika dicapai dari daerah Tanjung Pandan. Dengan pemandangan yang mengagumkan, Pantai Tanjung Tinggi siap memanjakan mata anda agar kembali segar, begitu pula dengan pikiran anda.

  1. Pantai Trikora

Pantai yang terletak Desa Malang Rapat, Riau ini merupakan pantai yang disekitarnya terdapat hutan mangroove dan berbagai resort mewah yang bisa dinikmati. Liburan kurang lengkap sepertinya jika tidak ada wisata kuliner yang dapat dinikmati dirumah makan seafood yang berada di sekitar pantai. di pantai ini, jika anda ingin menikmati aktivitas pantai seperti banan boat, jet sky, maupun kano, fasilitasnya telah tersedia lengkap disana.

  1. Pantai Nongsa, Batam

Satu lagi pantai indah di Sumatera yang bisa dijadikan salah satu destinasi liburan adalah Pantai Nongsa. Pantai dimana kita bisa menikmati pemandangan Singapura ini memiliki air laut yang jernih dan berpasir putih. Tentunya dengan hembusan angin laut yang sejuk, membuat kita betah berlama-lama di pantai Nongsa.

Pexels.com

Pantai di Indonesia yang Lebih Indah dari Maldives

Selain pantai-pantai di atas, masih ada banyak lagi pantai unik nan indah yang bahkan lebih indah dari Maldives. Apa sajakah pantainya, mari kita bahas satu persatu.

  1. Nihiwatu Beach, sumba

Pantai yang terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur ini merupakan pantai yang dikenal sebagai yang belum tersentuh. Pasalnya, pantai yang satu ini tersembunyi di balik hutan. Tidak heran jika pantai yang satu ini masih sangat alami dengan pepohonan dan bebatuan di sekelilingnya.

  1. Pantai Anoi Itam

Aceh memang memiliki banyak pantai yang bagus, salah satunya adalah yang mengelilingi Pulau Weh yang terletak di ujung Indonesia atau Sabang. Ada Pantai Anoi Itam, Oboih, dan Gapang yang memiliki pemandangan luar biasa. Lengkap dengan warna air lautnya yang biru kehijauan.

  1. Pantai Ora

Pantai yang mirip Maldives ini terletak di Maluku Tengah. Jadi untuk anda yang ingin menikmati Maldives nya Indonesia bisa mengunjungi pantai yang satu ini.

  1. Pink Beach

Pantai yang terletak di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur ini cukup unik dibandingkan pantai biasanya. Pasalnya pasir pantai yang biasanya berwarna hitam atau putih, di pantai ini pasirnya berwarna pink. Sebenarnya warna pink ini akibat adanya pasir putih yang telah bercampur dengan pasir merah. Jadilah nama pantai ini Pink Beach. Bahkan di dunia pantai dengan pasir pink ini hanya ada 7, dan salah satunya ada di Indonesia.

  1. Tomini Bay

Sebelumnya kita telah membahas pantai yang ada di Sulawesi, kenapa tidak kita sebutkan di atas? Alasannya adalah karena pemandangan pantai di sulawesi Utara ini masih sangat alami. Tak hanya menikmati pemandangannya saja, kita juga bisa menikmati aktivitas pantai seperti snorkling dan diving. Pantai yang satu ini juga termasuk ke dalam pantai yang belum terjamah dan belum mengalami pencemaran. Jadi, pantainya masih bersih begitu juga dengan udara dan airnya.

Selain kelima pantai tersebut, masih ada banyak pantai di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah luar biasa. Ada Raja empat yang mungkin banyak dari kita telah mengenalnya. Raja empat merupakan salah satu tempat dimana kita bisa menikmati pantai yang indah dan bersih. Ada juga Kepulauan Bangka Belitung yang juga siap memanjakan kita dengan pesonanya. Tempat yang dijadikan sebagai latar di film Laskar Pelangi ini memang memiliki pesona yang luar biasa dengan air lautnya yang jernih dan batu karang yang mempercantik pantainya.

Jika anda ingin mengunjungi pantai-panti indah yang telah disebutkan tadi, mungkin sebaiknya anda menggunakan paket tour jogja agar lebih hemat. Pasalnya pantai-pantai di atas banyak yang untuk mencapainya masih agak sulit akomodasinya. Jadi akan lebih mudah jika anda menggunakan jasa agen tour maupun paket liburan agar lebih hemat dan mudah. Pantai manakah yang paling ingin anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan anda? Liburan tidak harus ke luar negeri, karena ada banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa kita nikmati. Tak hanya pantai dan lautnya saja yang indah, Indonesia juga memiliki berbagai destinasi wisata berupa gunung, tempat peninggalan sejarah, air terjun, danau, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply