Panduan Lengkap Registrasi Kartu Telkomsel

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa tanggal 30 April 2018 merupakan batas akhir dari registrasi kartu SIM semua operator, termasuk Telkomsel.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah menghimbau jauh-jauh hari sebelumnya terkait registrasi kartu Prabayar yang digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Tujuannya adalah agar tindak kriminal melalui ponsel bisa diminimalisir karena seluruh identitas penggunanya bisa dilacak dengan mudah.

Tindak kriminal yang dilakukan melalui telepon telah merebak di Indonesia seperti penipuan, dll. Karena itu, pihak pemerintah memutuskan untuk memberlakukan aturan baru guna membasmi aksi tersebut.

Pihak Telkomsel sendiri juga telah menghimbau kepada para pelanggan kartu Simpati, As, dan Loop, untuk tidak menunda registrasi kartu prabayarnya.

Tiga Tahap Pemblokiran Kartu Prabayar

Sebagai catatan saja bahwa ada beberapa tahap pemblokiran yang akan dilakukan oleh Menkominfo terhadap pelanggan kartu prabayar yang belum mendaftarkan kartunya.

  • Kartu prabayar yang belum diregistrasi hingga 30 Maret 2018 akan diblokir di bagian layanan panggilan dan SMS keluar mulai tanggal 31 Maret 2018.
  • Kartu prabayar yang tetap belum diregistrasi hingga 14 April 2018 akan di blokir di bagian layanan telpon dan SMS masuk mulai 15 April 2018.
  • Kartu prabayar yang belum diregistrasi hingga 29 April 2018 akan diblokir di bagian layanan internet mulai 30 April 2018.

Sekarang, peraturan ini sudah diberlakukan dengan baik, sehingga registrasi kartu prabayar menjadi wajib sebelum kartu SIM bisa digunakan.

www.pexels.com

Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Registrasi Telkomsel

Untuk registrasi kartu Telkomsel Anda, ada beberapa dokumen yang dibutuhkan yaitu :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga

Masing-masing dari dokumen diatas akan diambil nomor NIK-nya untuk kemudian didaftarkan melalui berbagai cara yang akan dijelaskan oleh situs kowawa kali ini.

Cara Daftar Dan Registrasi Ulang Telkomsel

Berikut ini, ada beberapa cara untuk mendapaftarkan atau registrasi ulang kartu Telkomsel (Simpasi, As, Loop) Anda.

  1. Melalui SMS

Cara yang pertama dan yang paling mudah dilakukan adalah mendaftarkan kartu SIM Telkomsel melalui SMS ke nomor 4444.

Caranya :

  • Pelanggan lama : silahkan ketik “ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK#” (tanpa tanda petik), kirim ke nomor 4444.
  • Pelanggan baru : silahkan ketik “REG<spasi>Nomor NIK#Nomor NIK#Nomor KK#” (tanpa tanda petik), kemudian kirim ke nomor 4444.

Jika pendaftaran baru atau registrasi ulang berhasil, Anda akan mendapatkan balasan dari nomor 4444 yang mengatakan bahwa registrasi kartu Telkomsel Anda telah berhasil dilakukan.

  1. Melalui Website

Cara kedua adalah melalui website Telkomsel itu sendiri.

Caranya :

  • Silahkan kunjungi link berikut ini : https://tsel.me/reg
  • Kemudian isi data yang dibutuhkan termasuk Nomor Handphone, Nomor KTP, dan Nomor KK.
  • Klik “Dapatkan Password.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan password yang akan digunakan di formulir tersebut. Setelah itu, klik “Kirim”.

Proses registrasi ini bisa berlangsung hingga 1×24 jam, atau bisa lebih cepat, tergantung antrian yang ada.

  1. Melalui GraPARI Telkomsel Terdekat

Nah, cara ini bisa digunakan oleh pelanggan yang kurang paham dengan 2 cara diatas. Cukup datangi GraPARI Telkomsel terdekat di kota Anda sambil membawa dokumen yang dibutuhkan (KTP & KK). Mintalah Customer Service untuk membantu registrasi kartu Telkomsel Anda.

  1. Melalui GraPARI Virtual

GraPARI Vritual bisa ditemukan baik di pesan instant aplikasi MyTelkomsel, atau juga bisa melalui :

  • Line : @Telkomsel
  • Telegram : @Telkomsel_official_bot
  • Facebook Messenger : @Telkomsel

Jika Anda ingin registrasi melalui aplikasi MyTelkomsel, Anda cukup membuka aplikasi tersebut, kemudian masuk ke menu “Akun Saya”, dan silahkan gulir hingga ada pilihan “Registrasi Prabayar”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi detail yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin menggunakan Telegram, Line, ataupun Facebook Messenger, Anda akan dibantu oleh official bot yang bernama “Veronika” untuk registrasi. Namun, cara ini tidak disarankan karena perlu pemahaman lebih lanjut.

www.pexels.com

Cek Registrasi Telkomsel

Bagi pelanggan yang telah melakukan registrasi mungkin akan bertanya-tanya apakah nomor yang sudah didaftarkan tersebut sukses, atau justru gagal.

Ada berbagai cara untuk mengecek apakah registrasi kartu Telkomsel kita sudah berhasil, atau sedang dalam proses, atau justru tidak valid.

  • SMS dari 4444

Pertama, cara yang paling mudah adalah dengan menunggu SMS dari nomor pendaftaran 4444. Biasanya, jika registrasi sudah sukses dilakukan, maka handphone Anda akan dibanjiri dengan SMS dari 4444, dan juga dari nomor Kominfo yang memberitahukan bahwa registrasi telah sukses dilakukan.

Jika gagal, biasanya akan muncul SMS peringatan terkait apa yang salah dengan proses registrasi yang sudah dilakukan. Jika ini terjadi, silahkan pahami dan ikuti langkah-langkah yang disertakan.

  • Melalui USSD

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan USSD, atau Sederhananya sama seperti cara kita mengecek pulsa dan paketan internet.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengetikkan *4444# kemudian silahkan dial. Disana akan muncul berbagai informasi terkait pendaftaran kartu Anda.

  • Call Center

Anda bisa langsung memanggil nomor 188 untuk berbicara dengan customer service untuk menanyakan apakah nomor yang sudah Anda daftarkan sudah teregistrasi dengan sukses atau belum. Cara ini bisa digunakan dengan nomor lain, karena nomor baru belum bisa melakukan panggilan.

Sebagai catatan, panggilan ke nomor 188 akan memotong pulsa Anda sebesar Rp. 300,-

  • Datang ke GraPARI

Cara terakhir yang dapat kita gunakan adalah dengan mengunjungi GraPARI terdekat untuk bertanya dan memastikan apakah nomor yang kita daftarkan sudah berhasil atau belum.

Atau, Anda juga bisa mengunjungi GraPARI Telkomsel Virtual baik melalui aplikasi MyTelkomsel, atau melalui media sosial yang sudah dijelaskan diatas.

  • Memastikan Kartu Dan Identitas Digunakan Dengan Benar

Untuk mengetahui apakah nomor yang Anda gunakan, atau NIK yang Anda miliki sudah digunakan, silahkan kunjungi link berikut ini : https://www.telkomsel.com/en/cek-prepaid.

Cara ini bisa digunakan untuk memastikan bahwa data pribadi Anda tidak digunakan oleh nomor yang tidak Anda miliki.

Jika dalam sebuah kasus ditemukan bahwa NIK digunakan oleh nomor yang tidak dikenali, silahkan langsung datang ke GraPARI terdekat (dengan membawa KTP & KK) untuk kemudian melakukan Unregistrasi.

Jika ada masalah kegagalan yang terjadi dalam melakukan registrasi, maka NIK dan Nomor KK dapat dipastikan dengan mengunjungi Dukcapil terdekat.

www.pexels.com

43 Juta Pengguna Telkomsel Yang Tidak Terdaftar Diblokir

Mulai dari April 2018, pihak Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap puluhan juta pengguna Telkomsel gegara tidak mendaftarkan kartu prabayarnya. Bahkan, jika ditotalkan hingga sekarang, jumlahnya mungkin sudah 2 kali lipat.

Untuk menghindarinya, pastikan registrasi sukses dengan cara pengecekan yang sudah dijelaskan diatas.

Bagaimana Meregistrasi Kartu Telkomsel Yang Sudah Diblokir?

Meskipun cara diatas sudah sudah dijelaskan dengan sangat detail, akan sedikit merepotkan jika pelanggan kartu prabayar lama telah mengalami pemblokiran sebelum sempat mendaftarkan kartu SIM-nya.

Mulai tanggal 1 Mei 2018, pelanggan Telkomsel, baik Simpati, Kartu As, ataupun Loop masih bisa melakukan registrasi ulang dengan beberapa cara berikut ini :

  • SMS ke 4444

Cara ini sudah dijelaskan diatas, yakni cukup dengan mengetik ULANG<spasi>NIK KTP#Nomor KK# dan kirimkan ke 4444.

  • USSD

Cara kedua adalah dengan masuk ke menu panggilan (USSD)*4444#, dan pilih menu “Registrasi Ulang”.

  • GraPARI

Cara ketiga yakni langsung mengunjungi pusat layanan pelanggan Telkomsel atau GraPARI fisik terdekat, atau GraPARI virtual yang sudah dijelaskan diatas.

UNREG Dan Mengganti Nomor Handphone

Karena peraturan saat ini sangat ketat, yakni satu orang hanya boleh memiliki hingga 3 nomor berbeda, maka harus ada cara untuk mengganti nomor yang digunakan jika nomor tersebut hilang, rusak, atau melewati masa tenggang.

Caranya cukup mudah yakni hanya dengan mengirimkan SMS yang berisi UNREG#NIK ke nomor 4444.

Cara kedua adalah dengan cara dial ke *4444#, kemudian pilih menu UNREG, dan ikuti panduan yang diberikan.

Cara Registrasi Paket Internet Telkomsel 3G/4G 2019

Setelah kita membahas panjang lebar terkait cara registrasi Telkomsel sebagai kartu prabayar baru, maupun registrasi ulang kartu prabayar lama, selanjutnya kita akan membahas tentang cara registrasi paket internet Telkomsel 3G/4G untuk tahun 2019.

Telkomsel merupakan provider terlawas, dan terbukti terbaik di Indonesia, dengan kualitas jaringan yang tidak pernah diragukan, bahkan sampai pelosok desa.

Selain jaringan yang berkualitas, jaringan 4G yang ditawarkan Telkomsel sangat stabil dan memiliki kecepatan terbaik.

Nah, Telkomsel juga selalu memberikan berbagai paket yang beragam, terutama bundling untuk paket Internet-nya.

Telkomsel memiliki 4 jenis kartu (brand) berbeda-beda, dengan target pasar yang berbeda pula. Kita pasti sudah mengenal 4 kartu ini, Kartu HALO, simpati, Kartu AS, dan Kartu Loop. Jika Anda merupakan salah satu pengguna kartu tersebut dan ingin mendapatkan paket internet paling mudah, silahkan simak baik-baik ulasan dibawah ini.

www.pexels.com

Rekomendasi Paket Internet Kartu Telkomsel

Sebenarnya ada puluhan paket Internet yang telah ditawarkan oleh pihak Telkomsel untuk pelanggannya. Namun, kali ini hanya ada 3 paket dengan harga yang paling murah yang pastinya recommended untuk Anda semua.

Daftar paket ini bisa ditemukan di menu USSD (dial) *363#, atau Anda bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk akses pembelian lebih mudah.

Paket 20 Ribuan Terbaik

Rekomendasi pertama adalah paket seharga 20 ribuan dengan deal terbaik. Berikut ini daftar termurah paket 20 ribuan Telkomsel untuk Anda.

  • Telkomsel (Umum) – Internet Harian 3 GB

Pada paket ini Anda akan mendapatkan Kuota sebesar 3 GB, dan masa berlaku 3 Hari. Harga untuk bundling paket ini adalah Rp. 27,000,-

  • Kartu AS – Internet 3 GB

Harga sekitar Rp. 34,000,-, mendapatkan kuota sebesar 3 GB untuk 30 hari. Kuota ini akan dibagi menjadi dua yaitu Kuota Utama sebesar 1 GB, dan kuota VideoMax sebesar 2 GB.

  • Loop – Paket Internet 5 GB

Harga dari paket ini adalah Rp. 37,000,- dan memberikan Anda kuota sebesar 5 GB untuk 3 hari saja. Kuota ini bisa digunakan 24 jam tanpa ada pembagian waktu seperti paket sebelumnya.

Paket 50 Ribuan Terbaik

Ada 3 paket Combo unggulan yang memiliki harga 50 ribuan. Berikut daftarnya :

  • Telkomsel – Combo 4 GB

Pada paket ini, Anda akan mendapatkan kuota internet sebesar 2 GB, gratis telpon 60 menit. Harga paket ini adalah Rp. 58,000,- dan berlaku selama 30 hari. Cukup bagus bagi yang suka internetan dan nelpon.

  • Kartu As – Internet 5 GB

Anda akan mendapatkan kuota utama sebesar 3 GB, dan kuota untuk VideoMax sebesar 2 GB dengan masa aktif 30 hari. Harga yang ditawarkan cukup murah, yakni sekitar Rp. 58,000,-

  • Loop – Paket Internet 10 GB

Dengan membayar Rp. 47,000, Anda bisa mendapatkan kuota sebesar 10 GB selama 3 hari, cukup lumayan bukan?.

Paket 100 Ribuan Terbaik

Dengan harga 100 ribuan saja, Anda bisa memilih 4 paket Combo dibawah ini :

  • Telkomsel – Best Deal Combo 12 GB

Dengan harga kurang dari 100 ribu, sekitar Rp. 96,000 saja Anda bisa mendapatkan kuota internet sebesar 10 GB, dan kuota VideoMax (HOOQ + Tribe) sebesar 2 GB.  Masa aktif yang disediakan adalah 30 hari.  Bukan itu saja, Anda juga bisa mendapatkan jatah telpon 100 menit.

  • Kartu As – Best Deal Internet 17 GB

Kuota utama yang akan diberikan adalah 15 GB,  dengan bonus VideoMax sebesar 2 GB. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 105,000.

  • Loop – Paket Internet 15 GB

Harga untuk paket ini adalah Rp. 97,000,- dengan kuota sebesar 15 GB, dan masa berlaku hingga 30 hari.

  • Kartu HALO – Paket Halo Family Internet 2 GB

Untuk paket ini harganya pas di angka Rp. 100,000. Ada berbagai macam bonus yang bisa Anda dapatkan dari paket ini yaitu : Voice Telkomsel 100 menit, SMS Telkomsel 200 SMS, Promo Internet 8 GB, Video / Music Max 10 GB, Internet Keluarga 10 GB, Berbagi Internet 2 GB, Telpon sesama anggota “Gratis tanpa batas”.

Paket ini tentu saja sangat menarik, namun hanya untuk pelanggan pasca bayar kartu HALO.

Promo Paket Internet simPATI Januari 2019

Telkomsel memang selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggannya, termasuk salah satunya dengan menghadirkan promo paket combo terbaru setiap bulan. Paket terbaru adalah #InternetVaganza Januari 2019 yang bisa Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Best deal combo 12 GB. Dibandrol dengan harga Rp. 96,000, paket ini memberikan kuota 10 GB ditambah dengan kuota VideoMax sebesar 2 GB.
  • Best deal combo 14 GB. Harganya sama, yakni Rp. 96,000, dengan kuota internet sebesar 12 GB, dan VideoMax 2 GB. Masa aktifnya pun cukup panjang yakni 30 hari.
  • Best deal combo 25 GB. Dibandrol dengan harga Rp. 143,000, paket ini memberikan kepuasan dengan kuota internet 23 GB, dan VideoMax 2 GB, ditambah dengan bonus telepon sebesar 100 menit.
  • Best deal combo 27 GB. Harganya sama dengan paket Best deal combo 25 GB, dengan perbedaan di kuota internet sebesar 25 GB, namun tidak ada bonus telpon untuk paket ini.
  • Best deal combo 37 GB. Anda bisa membeli paket ini dengan harga Rp. 171,000, dan mendapatkan kuota internet sebesar 35 GB, VideoMax 2 GB, namun tanpa bonus telepon.

Itulah segala informasi yang Anda butuhkan terkait registrasi kartu baru Telkomsel, registrasi kartu lama Telkomsel (registrasi ulang), dan registrasi paket internetan beserta berbagai promo untuk awal tahun 2019. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply