Cara Memilih Pasangan Sesuai Syariat Islam

Pernikahan adalah salah satu yang di ajarkan oleh agama dan sudah di contohkan oleh Rasulullah. Karena suatu pernikahan memang harus dilakukan oleh semua orang yang sudah mampu untuk menjalankannya. Dengan menjalankan pernikahan suatu hal ibadah yang wajib kita lakukan sehingga bisa menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Dengan hal tersebut keluarga yang akan anda jalani dapat menciptakan rasa damai, tenteram dan berbahagia. Dan dalam ajaran agama Islam biasa sebelum menjalankan pernikahan ada istilah ta’aruf. Untuk bisa mendapatkan pendamping hidup anda pastinya anda harus bisa memilih pasangan sesuai syariat.

Dalam ajaran agama Islam untuk menjalankan pernikahan yang sah itu harus melalui ijab Qabul dan terdapat saksi wali masing-masing pengantin. Sehingga dengan cara seperti itu membuat kedua mempelai pria dan wanita sudah sah sebagai suami istri dan sudah bisa menyalurkan nafsu syahwat. Dan dengan menjalankan pernikahan yang halal kedua pasangan tersebut sudah bisa menjaga kehormatan diri dan bisa menjalankan ajaran sesuai syariat Islam.

www.pexels.com

Tips yang tepat memilih pasangan sesuai syariat

Sebelum anda menjalankan pernikahan anda harus bisa memilih pasangan sesuai syariat jadi anda harus lebih berhati-hati agar bisa menjadi keluarga yang bahagia. Karena untuk menjalankan pernikahan dijalankan tidak hanya satu ataupun dua tahun saja melainkan pernikahan itu dijalankan seumur hidup. Memang semua itu tidak mudah untuk dilakukan namun anda tetap harus percaya seperti yang sudah diajarkan oleh agama di mana wanita yang tidak baik tentunya untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik juga untuk wanita yang tidak baik. Dan sebaliknya seorang yang baik akan berjodoh dengan orang yang baik juga.

Di dalam ajaran agama Islam terdapat syarat yang di mana seseorang harus bisa memilih pendampingannya itu harus memiliki agama yang seiman. Namun harus juga dilihat dari perilakunya yang jelas seperti bibit, bebet dan bobot. Menurut ajaran agama Islam jika anda laki-laki anda diperbolehkan menikah dengan dua, tiga ataupun empat orang perempuan namun anda harus bisa berlaku adil jika anda tidak bisa berlaku adil sebaiknya anda menikahi seorang saja. Dan anda bisa menikah dengan wanita yang subur dan disenangi. Jadi jika anda laki-laki bisa melihat kriteria perempuan yang baik untuk menjadi pasangan anda sebagai berikut :

  • Memiliki akhlak dan pendidikan yang baik : jadi anda bisa memilih pasangan perempuan yang Solehah karena pastinya perempuan tersebut memiliki pendidikan agama yang sangat baik. Pada umumnya wanita yang memiliki pengetahuan agama yang baik perempuan tersebut bisa memahami tugas dan tanggung jawabnya saat dia sudah menikah nantinya. Karena menurut Rasulullah shalallahu alaihi wassalam seorang pria disarankan jangan melihat seorang wanita dari paras cantik, keturunan ataupun kekayaannya saja tetapi harus bisa melihat dari agamanya yang lebih penting. Dengan anda bisa memilih pasangan yang tepat terutama dari agamanya yang baik bisa membuat anda hidup berkeluarga dengan bahagia.
  • Penyayang dan berbudi mulia : jika anda bisa mendapatkan wanita yang memiliki sifat penuh dengan cinta pastinya anda akan terkagum-kagum dengannya. Selain itu jika wanita yang berbudi mulia seperti di mana perempuan tersebut bisa menjaga perkataan dan perbuatannya yang baik pasti semakin banyak pria yang kagum.
  • Wanita yang bisa memberikan keturunan : anda juga harus bisa mendapatkan seorang istri yang akan bisa memberikan anda keturunan untuk bisa menjadi penerus dakwah anda dan bisa berguna bagi agama. Apalagi jika anda bisa memiliki keturunan yang banyak akan memperbanyak rejeki anda. Jadi anda bisa melihat seorang wanita yang bisa memberikan keturunan untuk anda dari kondisi kesehatan perempuan tersebut dari masa mudanya. Ataupun anda bisa melihat dari kerabatnya apakah memiliki keturunan yang banyak.
  • Wanita yang memiliki wajah cantik dan bermahar ringan : dalam memilih wanita jangan hanya dilihat dari parasnya saja, namun di dalam agama Islam juga di sarankan bahwa anda harus bisa memilih wanita yang berparas cantik, elok dan menawan saat dilihat. Dan sebaiknya anda juga harus bisa memilih wanita yang tidak meminta mahar yang besar tetapi ringan saja. Jadi wanita tersebut harus bisa menerima berapapun mahar yang akan diberikan oleh calon suaminya. Memang Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menjelaskan sebaiknya jika dalam memilih wanita sebagai istri yang memiliki paras cantik dan meminta mahar yang ringan saja.
  • Bukan dari kerabat dekat : untuk anda yang sedang mencari pendamping hidup sebaiknya anda jangan mencari dari kerabat dekat anda yang artinya anda jangan mencari wanita yang masih memiliki hubungan darah ataupun ada ikatan keluarga dengan anda. Karena hal tersebut sangat dilarang oleh agama Islam.
  • Memilih wanita yang berbadan mulia : ini merupakan hal yang sangat penting karena wanita yang baik untuk menjadi pendamping hidup anda haruslah berasal dari keluarga yang memiliki agama yang baik dan bagus karena dengan hal tersebut bisa menjamin kalau wanita tersebut adalah sosok yang sangat Solehah. Pastinya orang tuanya banyak mengajarkan tentang perintah-perintah agama yang wajib untuk dijalankan.

www.pexels.com

Kriteria dalam memilih pasangan sesuai syariat untuk perempuan

Untuk memilih pasangan sesuai syariat Islam bagi perempuan adalah hal yang sangat penting karena nantinya calon suami yang kita pilih adalah imam dan seorang pemimpin dalam sebuah keluarga dan pastinya seorang suami harus memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Seorang suami memiliki tanggung jawab yang di mana harus bisa memberikan istrinya nafkah lahir dan batin bahkan juga harus bisa memberikan contoh sebagai kepala keluarga yang baik untuk keluarganya istri dan anaknya. Berikut kriteria yang bisa anda perhatikan untuk bisa memilih calon suami yang sesuai dengan ajaran agama Islam :

  • Dalam memilih calon suami anda harus bisa memilih agama yang seiman : dalam ajaran agama Islam ada ajaran yang melarang anda untuk menikah dengan orang musyrik sebelum mereka beriman. Karena sesungguhnya pria yang mukmin seorang yang lebih baik dari seorang musyrik walaupun pria tersebut bisa menarik hatimu. Jika anda memilih calon suami anda yang tidak seiman anda akan di ajak masuk neraka, sedangkan Allah akan membawa umatNya masuk ke dalam surga jika umatNya bisa mematuhi ajaran agama yang sudah di ajarkan. Jadi sangatlah penting bagi wanita untuk bisa menentukan pilihan yang suami yang seiman dan sudah memiliki ajaran agama yang baik.
  • Pria yang memiliki ilmu dan berakhlak mulia : ini adalah hal yang sangat penting bagi wanita dalam menentukan pria yang akan menjadi pasangan hidupnya yang Soleh, berakhlak baik dan selalu taat dalam menjalankan perintah-perintah agama. Pria tersebut pastinya akan menjadi pria idaman bagi para wanita. Seorang laki-laki yang taat dan paham terhadap ajaran agama dia akan menjadi kepala keluarga yang bisa membawa keluarganya ke surga dan bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang buruk.

Itulah beberapa kriteria bagi pria ataupun wanita yang sedang memilih pasangan sesuai syariat. Jadi jika anda sebagai seorang pria yang sudah memiliki calon pasangan anda sebaiknya bisa menjalankan perintah agama yang harus segera menikahi wanita tersebut agar tidak terjadi fitnah dan mengalami kerusakan yang besar. Banyak para wanita yang menjadikan faktor utama dalam memilih pasangan hidup yaitu dari segi kemapanan pria tersebut. Dan laki-laki juga pastinya banyak memilih wanita yang memiliki kecantikan secara fisik sebagai istrinya nantinya. Memang jika memiliki pasangan yang cantik dan sudah mapan sangatlah bagus tetapi anda harus bisa ketahui kecantikan tersebut jangan dilihat dari fisik saja namun harus cantik hati dan memiliki akhlak yang cantik. Karena ada ajaran agama Islam yang berkata wanita yang dinikahi biasanya harus memiliki empat hal yaitu harta, kedudukan, paras dan agamanya. Jadi anda harus bisa memilih pasangan yang memiliki agama yang bagus kalau tidak anda nanti akan merasakan rugi dan kehidupan keluarga anda tidak akan bahagia. Berikut beberapa penjelasan pentingnya dalam menentukan pasangan yang memiliki akhlak baik yaitu :

  • Tidak akan terjadi KDRT : memiliki akhlak baik pastinya akan menghormati pasangan nya karena mereka pasti sudah memahami akan hak dan kewajiban masing-masing dalam menjalankan rumah tangga. yang di mana suami akan menghargai istrinya dan istrinya juga bisa menghargai suaminya. Namun jika seseorang yang memiliki akhlak buruk jika mengalamippermasalahan di dalam rumah tangga makappasangan suami istri akan lebih mudah emosiddan terkadang sampai terjadi kekerasan fisik. dengan hal tersebut sangat membuat kehidupan dalam berkeluarga menjadi tidak nyaman dan tidak tenang.
  • Lebih mengutamakan jalan damai dalam mencari solusi jika terjadi masalah : seseorang yang memiliki akhlak baik jika menghadapi masalah yang besar pasti bisa mengedepankan akal sehat dibandingkan menyelesaikan masalah dengan emosi dan mereka pasti akan berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan cara damai. Dengan hal tersebut membuat kehidupan dalam berkeluarga menjadi nyaman dan bahagia.
  • Pernikahan akan semakin langgeng dan tentram : di dalam kehidupan berkeluarga sebaiknya pasangan suami istri harus bisa saling memahami dan menerima satu sama lain karena dengan hal tersebut pernikahan akan lebih langgeng dan menjadi lebih bahagia. Apapun masalah yang terjadi di dalam rumah tangga harus bisa dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran agar bisa berusaha terus menjadi lebih baik dan memiliki rumah tangga yang lebih bahagia. Jadi jika anda memutuskan untuk berumah tangga anda harus bisa mencari orang yang memiliki akhlak baik agar anda bisa mendapatkan pernikahan yang bahagia dan tentram. Karena jika anda anda memilih orang yang tidak berakhlak baik pastinya rumah tangga anda tidak akan langgeng dan pada saat mengalami permasalahan di dalam rumah tangga pastinya tidak akan mau mengalah dan saling menyalahkan satu sama lain. Dengan hal tersebut bisa membuat pertengkaran yang besar akan bisa mengakibatkan perceraian.
  • Memilih pasangan hidup juga harus bisa menentukan calon ibu atau ayah yang baik bagi anak-anaknya kelak : dalam menjalankan pernikahan dan rumah tangga pastinya anda akan memiliki keturunan di dalam rumah tangga. Dengan hal tersebut pastinya anda akan dihadapkan dengan permasalahan dengan anak-anak. Dan pastinya anda ingin memiliki anak yang sholeh dan sholehah yang bisa menjadi anak yang berbakti dan bermanfaat bagi kedua orang tuanya dan juga agamanya. Mendapatkan anak yang saleh dan salihah pastinya dibutuhkan orang tua yang salihah salihah di mana orang tua bisa mendidik dan membimbing anaknya dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Namun jika di dalam keluarga pasangan suami istri tidak termasuk orang yang saleh dan salihah pastinya akan sulit untuk bisa memimpin dan membimbing anak-anak mereka menjadi sholeh dan sholehah.

Setelah cara menentukan seseorang yang memiliki akhlak baik anda bisa menjadikan pasangan hidup anda untuk mendapatkan keluarga yang sesuai dengan syariat Islam. Anda juga harus memiliki akhlak baik namun jika anda merasa belum memiliki akhlak baik anda bisa belajar dan memperbaiki diri anda menjadi seseorang yang memiliki akhlak baik.

www.pexels.com

Di saat anda akan menjalankan pernikahan pastinya anda akan menggunakan cincin nikah yang biasanya sebagai lambang pernikahan anda. Memang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat menggunakan cincin atau tukar cincin di dalam perkawinan. Namun sebenarnya hal tersebut bukan merupakan syariat dan syarat yang wajib yang harus dipenuhi di dalam suatu pernikahan. Karena proses tukar cincin menurut seorang ulama hal tersebut adalah merupakan kebiasaan ataupun kebudayaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang Barat dan bisa dikatakan sebagai budaya orang kafir. Jadi para ulama memiliki pendapat di mana dengan acara tukar cincin yang meniru budaya orang kafir sangat diharamkan seperti yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam yaitu barang siapa yang menyerupai kaum lainnya maka orang tersebut termasuk bagian dari mereka.

Di dalam ajaran agama Islam suatu pernikahan jika seorang laki-laki yang mengenakan cincin pastinya cincin tersebut berbeda dengan cincin yang dikenakan perempuan. Karena di dalam hukum agama Islam seorang laki-laki tidak boleh memakai cincin emas karena hal tersebut sangat diharamkan namun untuk seorang perempuan boleh memakai cincin atau perhiasan dari bahan apapun. Karena Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan laki-laki muslim mengharamkan untuk memakai cincin emas. Dan Rasulullah juga mengajarkan bahwa laki-laki sangat diharamkan untuk memakai Sutra dan emas namun untuk wanita sangat dihalalkan. Jadi sangat disimpulkan bahwa haram bagi laki-laki muslim untuk menggunakan cincin yang berbahan emas dengan alasan apapun di saat ingin melakukan pernikahan. Jadi laki-laki muslim boleh mengenakan cincin Namun bukan yang berbahan emas. Nabi Muhammad juga mengenakan cincin namun cincin tersebut ukiran namanya sendiri Muhammad Rasulullah yang memiliki bahan perak. Jadi artinya seorang laki-laki muslim bisa menggunakan cincin di dalam pernikahannya namun cincin tersebut harus terbuat dari bahan selain emas seperti perak atau Palladium.

Bahan perak atau Palladium adalah bahan yang masih dianggap halal dan menurut syariat Islam bahan perak dan Palladium juga memiliki harga yang lebih murah dari harga emas. Sehingga hal tersebut bisa membuat menghemat biaya pernikahan anda. Berikut beberapa perbedaan kualitas antara perak dan Palladium yang bisa anda ketahui sebagai berikut :

  • Cincin yang memiliki bahan Palladium biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan cincin perak karena didalam cincin Palladium tidak terdapat kandungan asam yang menyebabkan cincin tersebut menjadi hitam.
  • Jika dibandingkan dari sisi harga cincin Palladium memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan bahan perak. Namun dengan harga yang lebih mahal anda tidak akan merasakan rugi karena cincin yang berbahan Palladium memiliki kualitas yang lebih keras dan lebih bagus.
  • Dari segi perawatannya juga cincin Palladium lebih mudah dibandingkan dengan merawat cincin yang berbahan perak.
  • Cincin Palladium juga memiliki segi warna yang tidak mudah pudar dan tahan untuk jangka waktu yang lama.

Ada alternatif lain jika anda ingin melangsungkan pernikahan anda dan menggunakan cincin bagi pria muslim yaitu dengan menggunakan bahan yang berjenis logam namun kualitasnya pun tidak kalah dengan perhiasan yang berbahan dasar emas.

www.pexels.com

  • Perak : ini merupakan salah satu bahanllogam yang bisa dijadikan perhiasan dan boleh digunakan oleh laki-laki Muslim. Harga dari perak ini juga sangat murah dan bisa terjangkau. Namun dengan hal tersebut kualitas yang dimiliki bahan perak ini kurang begitu bagus karena perak bisa mudah pudar dan tergores. Namun pada saat ini sudah banyak toko perhiasan yang menyediakan jasa repolish untuk bisa mengembalikan warna perak yang sudah memudar sehingga bisa kembali berkilau.
  • Tungsten karbida : mungkin anda masih merasa asing mendengar jenis logam yang satu ini namun di dalam dunia perhiasan logam ini memiliki kualitas yang tidak mudah tergores dan memiliki bentuk yang paling baik. Karena logam ini sangat dikenal yang memiliki titik lebur yang sangat tinggi sehingga jenis logam ini bisa dijadikan alternatif untuk cincin pengganti bahan emas karena memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.
  • Platinum : jenis logam ini juga bisa dijadikan alternatif sebagai cincin yang akan digunakan oleh pria muslim. logam platinum merupakan logam putih yang memiliki banyak kelebihan yang tidak terdapat pada logam lainnya seperti pada saat digunakan logam ini tidak menyebabkan alergi pada kulit, memiliki warna yang sangat menarik, tidak mudah korosi, dan tahan dari kehausan. Namun dengan memiliki kualitas yang sangat bagus pada logam platinum ini harga dari logam platinum ini juga memiliki harga yang mahal.
  • Titanium : logam ini juga bisa dijadikan alternatif pengganti emas yang bisa digunakan oleh pria muslim. namun tintanium ini merupakan logam yang lebih sulit dibandingkan dengan logam lainnya karena titanium ini memiliki bobot yang ringan dan warna yang gelap. Bahkan jika orang yang menggunakan logam ini bisa menyebabkan alergi untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.
  • Zirconium hitam : ini merupakan logam yang tidak jauh berbeda dengan logam Titanium yang memiliki kekuatan dan berat yang sama. Jadi anda tidak perlu kuatir dengan daya tahan yang dimiliki oleh logam ini karena logam ini sangat resisten oleh goresan. Sekarang ini jenis logam zirconium hitam sangat laku di pasaran.
  • Palladium : ini adalah logam alternatif yang terakhir yang bisa digunakan bagi kaum pria muslim yang ingin menggunakan cincin pada saat pernikahan. Kualitas yang dimiliki palladium ini sama seperti platinum dan emas putih namun harganya sangat terjangkau. Palladium ini merupakan logam yang sangat langka karena memiliki keunggulan diantaranya seperti bobot yang sangat ringan warna yang sangat menarik dan tidak mudah pudar bahkan tidak dapat menyebabkan alergi pada kulit yang menggunakannya.

Itulah beberapa jenis logam yang bisa anda jadikan alternatif untuk pria muslim yang akan menggunakan cincin pada saat pernikahannya. Bahkan dengan hal tersebut bisa menghemat biaya pernikahan anda dibandingkan dengan anda membeli cincin yang berbahan emas. Jadi anda bisa menjalankan pernikahan sesuai dengan ajaran agama Islam. Jadi anda harus bisa memilih pasangan sesuai syariat agar keluarga yang akan anda bangun dalam rumah tangga bisa menjadi keluarga yang bahagia.

Leave a Reply