Kuliner Lezat Dari Makanan Khas Surabaya

Semua orang dalam melangsungkan hidupnya pasti memerlukan yang namanya makanan. Barang yang satu ini menjadi bahan pokok atau syarat wajib supaya seseorang bisa terus hidup. Secara ilmiah sebuah makanan mengandung vitamin yang sangat diperlukan tubuh contohnya untuk mengahsilkan energi setiap manusia memerlukan karbohidrat yang terdapat di makanan.

Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi, jagung, gandum, ubi-ubian dan masih banyak lagi. Selain makanan sebagai alat untuk mengahsilkan energi sebuah makann juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Contohnya seperti sayar dan buah-buahan. Sayur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan seperti sayur bayam yang memiliki zat besi tinggi berguna untuk menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri dari luar, dan wortel juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A.

Selain makanan memiliki fungsi sebagai kebutuhan pokok sekaligus sebagai alat untuk menjaga kesehatan, terkadang makanan juga dijadikan icon atau menjadi ciri dari suatu daerah tertentu. Buktinya banyak sekali daerah di Indonesia yang memiliki makan khas daerah. Makanan tersebut bisa sebagai hasil budaya sekaligus sebagai pembeda dari daerah lain. Salah satunya adalah makanan khas Surabaya yang menjadi icon yang wajib dicicipi ketika anda pergi atau hanya sekedar berkunjung di kota pahlawan tersebut.

Makanan yang sudah menjadi ciri khas dari suatu daerah bisanya akan menjadi salah satu tujuan pokok seseorang pergi ke daerah tersebut. Apabila ditelusuri lebih lanjut sebenarnya sebuah makanan khas daerah memiliki keunggulan yang tidak dimiliki seperti makanan cepat saji seperti sekarang ini. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang hal tersebut.

www.pexels.com

Keunggulan Makanan Khas Daerah

  1. Lebih rendah lemak. Rata-rata makanan khas daerah yang ada di Indonesia menggunakan bahan atau kebanayakan menggunakan bahan dari bahan nabatai atau kebanyakan memanfaatkan sayur-sayuran. Apabila dibandingkan dengan maknan barat makanan Indonesia jarang atau sedikit yang menggunakan daging, sedangkan makanan yang berasal dari barat pasti mengandung kalori yang sangat tinggi. Selain makanan khas daerah yang menyehatkan maknan khas daerah juga kaya akan serat yang diperoleh dari sayur-sayuran.
  2. Lebih alami. Mengapa makanan khas daerah lebih alami karena bahan dari makanan khas daerah menggunakan bahan alami atau tidak menggunakan pengawet bahan kimia. Lain halnya dengan makanan yang dalam kemasan, kebanyakan menggunakan bahan kimia untuk mengawetkannya. Jika anda perhatikan makanan khas daerah pasti menggunakan kemasan atau bungkus yang siap saji seperti daun pisang atau bahan alami lainnya. Selain bahan yang digunakan adalah bahan alami seperti rempah-rempah , secara medis sudah dibuktikan kalau makanan khas daerah lebih menyehatkan dibanding maknan cepat saji. Alasan itu dikarenankan makanan cepat saji memerlukan zat kimia untuk mengawetkannya, yang dalam tempo waktu tertentu mengonsumsi makanan cepat saji akan mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Riset menunjukkan hal ini dipicu karena sel tubuh telah terkontaminasi oleh pengawet atau zat kimia pada makanan cepat saji.
  3. Memililki kandungan serat tinggi. Bila anda menelusuri lebih lanjut dari makanan khas daerah anda pasti akan mengetahui apa saja bahan yang digunakan. Pada umumnya bahan makanan yang digunakan menggunakan bahan alami seperti sayuran, padi, umbi-umbian dan berbagai bahan alami lainnya. Bahan tersebut adalah salah satu bahan yang mengandung serat sangat tinggi yang secara kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh salah satunya makanan khas Surabaya yang sangat menyehatkan. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan anda mengonsumsi makanan khas daerah anda juga ikut serta dalam upaya mensejahterakan petani lokal Indonesia.

    www.pexels.com

  4. Harga yang sangat terjangkau. Apabila anda sudah menjelajahi banyak pusat pembelanjaan ketika anda membeli sebuah makanan khas daerah pasti anda akan merasakan kemurahan yang tidak terkira dibandingkan anda membeli makanan yang modern seperti saat ini. Dengan begitu anda bisa merubah pikiran atau pandangan anda bahwa untuk makan sehat tidak perlu mahal, kareana selain makanan khas daerah sangat murah tentunya juga sangat menyehatkan bagi tubuh.
  5. Bentuk rasa kecintaan terhadap budaya sendiri. Selain dari segi ekonomi yang sangat murah ketika anda mengonsumsi makanan khas daerah anda telah menunjukkan bahwa anda benar mencintai negeri atau daerah anda. Sesuai dengan pembahasan diatas bahwa makanan daerah menjadi salah satu icon atau menjadi ciri khas suatu daerah, maka ketika anda mengonsumsinya artinya anda telah melestariakan budaya tersebut berupa makanan khas daerah.

Bicara soal makanan khas mari kupas secara tuntas salah satu makanan khas daerah yang masih laris hingga sekarang. Mungkin bahas saja makanan dari Jawa, usul punya usul rata-rata makanan yang berasal dari Jawa kebanyakan memiliki cita rasa yang manis. Salah satunya adalah makanan pecel. Meskipun pecel adalah makann yang menggunakan sambal namun, rasa pada sambel pecel tersebut memiliki cita rasa manis, sangat unik bukan. Untuk lebih spesifiknya mari bahas tentang makanan khas Surabaya yang sampai sekarang masih sangat tren bahkan masih sangat laris dilidah masyarakat. Sebelum beranjak ke makanan sebaiknya anda juga mengetahui tentang Kota Surabaya terlebih dahulu. Kota yang satu ini tergolong kota yang sangat maju malah termasuk kota metropolitan namun, makan khas daerah dari kota ini tidak tergusur dengan adanya perkembangan zaman, malahan makanan khas daerah ini menjadi lebih modern dan mengalami inovasi-inovasi terbaru.

www.pexels.com

Makanan Khas Surabaya Tetap Jadi Andalan Lidah Masyarakat

Jangan lupa juga bagi anda yang berdomisili di Kota Malanag dan anda ingin bepergian ke Surabaya untuk menyicipi makanan khasnya gunakan jasa travel malang surabaya. Jasa travel ini menyediakan layanan trasportasi dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya. Kalau masalah kemanan dan kenyamanan bisa diandalakan kok jasa travel yang satu ini.berikut ini ulasan tentang makanan khas dari kota pahlawan.

  1. Rujak cingur. Makanan yang satu ini mungkin sudah dikenal bahkan sampai manca negara. Hal ini dikarenanakan makanan ini sangat khas sekali. Jadi bagi anda yang pernah ke Kota Surabaya namun belum pernah merasakan makanan yang satu ini jangan ngaku-ngaku pernah datang. Secara kesehatan makanan yang satu ini sangat cocok untuk wanita yang sedang diet hal ini karena makanan yang satu ini sangat rendah kalori dan lemak tentunya. Apabila anda belum tahu apa itu cingur, cingur adalah moncong atau hidungnya sapi.
  2. Sate ayam lisidu. Mungkin di Indonesia banyak sekali makanan khas sate, salah satunya adalah makanan khas Surabya sate lisidu. Untuk makanan yang satu ini tentu sudah go internasional buktinya saja mantan presiden Amerika Serikat Barak Obama sangat menyukai makanan yang bernama sate, bahkan dia mengatakan makanan faforitnya adalah sate. Yang membedakan sate lisidu dari yang lainnya adalah bentuk yang pipih supaya bumbu lebih meresap.

www.pexels.com

Leave a Reply