Makanan Enak Asli Indonesia yang Selalu Bikin Nagih!

Ada tiga kebutuhan pokok manusia di dunia ini yang mau tidak mau harus dipenuhi yaitu sandang, pangan dan papan. Dalam dunia pendidikan kebutuhan manusia juga di kelompokkan kedalam tiga hal diantaranya jasad, ruh dan akal. Intinya diantara semua pengelompokan itu, salah satu yang paling di sorot adalah masalah perut. Kenapa perut? Karena ibarat kata pepatah, logika tak berjalan tanpa logistik…hehehe

Nah, untuk itu kami merasa perlu untuk memamaparkan masalah perut ini, apalagi kalo bukan soal makanan. Berbicara masalah makanan, Indonesia dikenal dengan masakan-masakan yang menggoyang lidah dan sekaligus lezat nan bikin ketagihan. Apa iya? ya iyalah…hehehe

Lalu, apa sajakah makanan enak asli indonesia yang selalu bikin nagih itu? Berikut daftar makanan asli indonesia yang dimaksud.

Makanan Enak Asli Indonesia yang Selalu Bikin Nagih!

  1. Bakso Malang

Salah satu yang menjadi makanan enak asli indonesia adalah bakso Malang. Selain enak makanan yang satu ini sangat populer lho. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat fasih melafazkan nama makanan ini. Dan yang paling menariknya adalah tidak ada yang bisa menyepelekan menu yang satu ini, dari tua hingga yang muda selalu menjadikan bakso sebagai salah satu menu favoritnya.

Tidak perlu meragukan lagi cita rasa bakso Malang yang memang telah diakui oleh penggemar bakso di seluruh kota bahkan wisatawan mancanegara. Sesuai dari kota tempatnya berasal, bakso ini diberi nama bakso Malang dan hadir dengan menu yang berbeda dari bakso biasanya.

Bakso Malang dibuat dari jenis yang berbeda, mulai dari bakso biasa, bakso urat bakso telur, bakso udang, bakso goreng dan lainnya. Anda juga bisa menambahkan pangsit basah atau kering, ati, ampela, siomay, tahu, lontong dan mie untuk menambah citarasanya. Yang jelas mencicipi bakso Malang dijamin akan membuat Anda nagih untuk mencobanya lagi dan lagi. Kalau Anda bingung untuk pergi ke kota ini, Anda bisa ikut Paket Wisata Malang.

www.pexels.com

  1. Rendang

Selain bakso Malang, makanan enak asli Indonesia lainnya adalah Rendang. Selain disukai masyarakat Indonesia, makanan khas Sumatera Barat ini juga tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Rendang berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu. Rasanya yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

  1. Soto Lamongan

Selanjutnya adalah Soto Lamongan yang menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur. Sebenarnya beberapa daerah lainnya juga memiliki soto juga. Namun, terdapat perbedaan antara soto Lamongan dengan soto lainnya, yakni koya, tahukah Anda apa itu koya? Koya merupakan sejenis bubuk gurih dengan bahan dasar pembuatannya berasal dari kerupuk udang dan bawang putih.

Tambahan koya membuat cita rasa soto Lamongan menjadi semakin gurih dan membuat siapa yang menikmatinya akan semakin ketagihan. Jika Anda penasaran dengan citarasanya, segera cari dan temukan kuliner lezat ini di kota Anda.

  1. Rawon

Makanan enak asli Indonesia lainnya yang bikin nagih adalah Rawon, Anda mungkin pasti telah sering mendengarnya. Rawon merupakan jenis makanan dengan kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Karena warna kuah inilah makanan yang satu ini disebut dengan nama Rawon. Tahukah Anda? Warna kuah rawon yang kehitam-hitaman ini didapatkan karena sebuah bahan rahasia yang bernama kluwek. Rawon semakin mantap jika ditemani dengan nasi plus kurupuk dan bawang goreng. Biasanya, kuliner rawon akan diisi tauge, telur,sayuran hijau dan daging sapi. Wah, akan semakin menggugah selera pastinya. Dan bikin nagih tentunya…hehehe

  1. Gado-gado

Kemudian yang bikin nagih juga dan salah satu makanan enak asli Indonesia adalah gado-gado yang memang telah terkenal dengan kelezatan citarasanya di lidah para penikmat wisata kuliner. Tidak hanya masyarakat Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara pun telah membuktikan dan mengakui sendiri kelezatan dan kenikmatan kuliner unik yang satu ini.

Lebih ajibnya lagi, kuliner gado-gado merupakan salah satu makanan yang terbilang cukup sehat untuk dikonsumsi. Dimana, bahan gado-gado merupakan campuran dari tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, ketupat dan selanjutnya akan disiram saus kacang dan dijamin rasanya akan semakin mantap.

www.pexels.com

  1. Pecel

Pecel merupakan salah satu kuliner yang termasuk kategori makanan enak asli Indonesia dan sangat mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Makanan ini hampur digemari semua kalangan, dari muda hingga tua, baik pria maupun wanita memiliki selera yangs sama. Konon saking banyak penggemarnya, di Jawa Timur pecel dibuat dengan beberapa jenis tersendiri dan disesuaikan menurut daerahnya masing-masing, mulai dari pecel khas Jember, khas Malang, pecel Madiun, Pecel Magetan dan lainnya.

Tertarik ingin mencoba? Segera dapatkan menu pecel terbaik dengan mengambil paket wisata Malang atau Anda juga bisa mulai mencari dan memburunya di kota Anda sendiri.

  1. Sate Madura

Sate Madura memiliki popularitas yang cukup tinggi dalam kancah kuliner Indonesia. Bahkan banyak film-film menggunakan pedagang sate madura dengan dialognya yang sangat kental dan membuat siapa saja tergelak untuk tertawa. Sate madura bahkan bisa ditemukan di hampir semua kota besar Indonesia, sehingga masuk nominasi sebagai salah satu makanan enak asli Indonesia.

Pada dasarnya, sate madura tidak hanya terbuar dari sate ayam saja, melainkan juga terdapat sate kambing dengan kelezatan juara pula. Proses pemanggangan sate madura biasanya akan menggunakan batok kelapa sehingga hasilnya juga akan sangat nikmat dan menggugah selera. Dan sudah sangat jelas, bikin nagih…!

  1. Lontong Balap

Nominasi lain sebagai makanan enak asli Indonesia adalah Lontong Balap. Namanya saja sudah sangat unik, namun jangan berpikir jika kuliner lontong yang satu ini digunakan untuk ajang perlombaan, kompetisi atau sejenisnya ya. Hehehe…

Lontong Balap merupakan perpaduan dari berbagai bahan, mulai dari lontong, tahu goreng, tauge, kecap, lenthok, sambal, bawang goreng dan beragam bumbu pelengkap lainnya. Semakin sempurna dengan tambahan siraman kuah segar yang membuat citarasanya semakin nikmat.

  1. Lodho Ayam

Jenis makanan enak asli Indonesia yang satu ini merupakan menu terbaik khas Tulungagung, Jawa Timur. Kuliner ini terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu turun temurun dengan cita rasa yang telah terkenal kelezatannya. Lodho ayam bahkan juga terdiri dari dua jenis masakan, terdapat lodho ayam dengan kuah encer dan lodho ayam kuah kental. Pokoknya bikin nagih dah…!

www.pexels.com

  1. Lontong Kupang

Anda yang bukan berasal dari Jawa Timur pasti merasa asing dengan menu yang satu ini. Jenis makanan ini merupakan kategori makanan enak asli Indonesia juga yaitu yang bernama Lontong Kupang.

Lontong Kupang sendiri sangat mudah ditemukan di daerah Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Bagi Anda yang berada di pesisir Jatim juga mudah untuk menemukan penjual yang menjajal menu lontong kupang.

Lontong ini terbuat dari kupang putih (sejenis hewan laut menyerupai kerang dengan ukuran kecil). Kupang putih selanjutnya akan dimasak setelah dikupas terlebih dahulu. Dengan tambahan bumbu-bumbu rahasia, lontong kupang semakin memikat dengan citarasa yang menggoyang lidah dan bikin ketagihan.

  1. Pecel Lele

Menu kuliner Indonesia yang satu ini termasuk salah satu makanan enak asli Indonesia dengan popularitas tinggi yaitu Pecel lele. Populer karena Pecel Lele menjadi salah satu menu masakan yang bisa ditemukan di hampir seluruh kota di Indonesia. Menu ini biasanya akan dijajal saat malam hari tiba dan akan memenuhi hampir seluruh jalanan di kota-kota.

Pecel lele sendiri merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang bisa dijumpai di daerah Lamongan. Sesuai dengan namanya, tentu saja pecel yang satu ini dibuat dengan bahan dasar lele. Ikan lele akan digoreng terlebih dahulu dan akan disajikan bersamaan dengan nasi hangat plus sambal terbaik yang akan membuat Anda semakin ketagihan.

  1. Brem

Selanjutnya yaitu Brem. Brem termasuk salah satu nominasi makanan enak asli Indonesia yang bisa ditemukan dengan mudah di kawasan kota Madiun, Jawa Timur. Brem merupakan salah satu jajanan yang biasa dijadikan oleh-oleh khas kota ini. Brem sendiri di buat dengan menggunakan sari ketan yang dimasak dan kemudian dikeringkan.

Sari kentan yang digunakan juga telah melewati proses fermentasi terlebih dahulu selama satu malam sehingga akan membuat cita rasanya semakin nikmat dan juara. Belum lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Jawa Timur tanpa membawa pulang kuliner oleh-oleh yang satu ini.

www.pexels.com

  1. Rujak Cingur

Menu makanan Rujak Cingur pastinya sebagian besar dari kita pernah mendengar tentangnya bukan? Berbeda dari rujak biasanya yang berisikan irisan buah-buahan dan sambel, Rujak Cingur menjadi kesukaan para pecinta kuliner karena berisikan rujak mulut sapi, cingur, sayuran dan berbagai bahan pelengkap lainnya.

Selain itu terdapat satu bumbu yang membuat rujak cingur semakin digemari, yakni perpaduan antara petis, cabe, gula merah plus kacang tanah yang telah digoreng.

Bumbu tersebut kemudian akan diulek dan ditambahkan sedikit air supaya lebih encer. Rasa yang dihadirkan sangat mantap dan nikmat, Anda pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

  1. Tahu Tek

Seperti namanya, kuliner ini terbuat dari bahan utama berupa tahu. Tahu Tek merupakan kuliner yang berisi tahu goreng setengah matang yang selanjutnya dipadukan dengan bahan lainnya, seperti tauge, kentang goreng, potongan lontong hingga timun. Selanjutnya, bahan pembuatan Tahu Tek akan disempurnakan dengan menyiram bumbu kacang tanah goreng plus petis yang sebelumnya telah dihaluskan. Cita rasa yang dihadirkan sangat menggugah selera dan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya.

  1. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang sering juga disebut dengan nama sego tumpang dan menjadi salah satu makanan terbaik khas Kediri, Jawa Timur. Kuliner menarik yang satu ini wajib dicoba oleh Anda para pecinta dan pemburu kuliner sejati.

Alasan mengapa menu ini diberi nama nasi tumpang ialah karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang, yakni terbuat dari tempe basi atau biasa disebut tempe bosok oleh masyarakat Jawa. Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, krupuk kulit hingga rambak dan semakin membuat para penikmatinya semakin ketagihan.

  1. Rujak Soto

Rujak soto menjadi menu khas nusantara dan sekaligus merupakan makanan enak asli Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Menu yang satu ini bisa ditemukan di Banyuwangi dengan soto yang berbeda dari yang biasanya pastinya Anda akan dibuat ketagihan.

Rujak soto di buat dari dua makanan yang berbeda yang digabungkan jadi satu, yaitu rujak dan soto. Ya, rujak akan digabungkan dengan soto kuning, tepatnya rujak sayur dan soto babat. Mengenai rasa, jangan pernah menyepelekannya karena dijamin Anda akan meminta tambah lagi dan lagi.

www.pexels.com

  1. Sego Tempong

Pasti sangat asing mendengar nama Sego Tempong, terlebih bagi Anda yang bukan berasal dari Jawa Timur. Namun, jangan pernah merasa asing dengan rasa nikmatnya ya para pemburu kuliner terbaik khas Jawa timur. Ya, sego tempong merupakan makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur. Sego tempong sendiri memiliki arti memukul dan menampar, yakni menggambarkan jika rasa nikmat dan pedasnya benar-benar menampar lidah Anda.

Sajian sego tempong dipadukan dengan nasi dan sayuran pelengkap, seperti kenikir, bayam rebus, kemangi dan pastinya sambal pedas yang disiran di bagian atasnya. Tidak hanya itu, bahkan juga ada lauk lezat yang melengkapinya, seperti tahu, tempe, bakwan jagung, ayam goreng, seafood dan lainnya.

  1. Nasi Krawu

Nasi krawu terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng. Semakin menarik karena nasi krawu di sajikan dengan menggunakan daun pisang. Dijamin, Anda akan semakin ketagihan saat mencoba menu ini untuk pertama kali.

  1. Bebek Sinjay

Bebek sinjay sangat direkomendasikan kepada para pecinta kuliner sejati. Merupakan makanan enak asli Idonesia dengan bahan dasar bebek. Bebek sinjay merupakan menu khas dan andalan Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Hidangan bebek sinjay semakin mantap bilamana disantap bersamaan dengan nasi hangat plus kremesan. Semakin komplit, dengan tambahan mangga muda di dalam sajian lengkap bebek sinjay. Daging bebek yang empuk menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak pecinta kuliner yang memburu bebek sinjay setiap hari.

  1. Gethuk Pisang

Tidak hanya menu makanan pokok, Anda juga bisa menemukan menu makanan enak asli Indonesia dalam bentuk jajanan dan cemilan. Contohnya adalah gethuk pisang dengan citarasa yang sangat berbeda dengan gethuk singkong.

Perbedaan utamanya tentu saja berasal dari bahan bakunya, dimana yang bisa diolah menjadi gethuk pisang ialah pisang raja nangka dengan rasa yang manis, lembut, dan rasa asam yang sangat khas. Tekstur pisang raja nangka sangat lembut sehingga mambuat banyak orang tergugah menjadikannya cemilan nikmat saat waktu senggang.

  1. Sambel Wader

Sambel Wader ialah kuliner khas nusantara dengan olahan berbahan dasar ikan. Anda bisa dengan mudah menemukan menu sambel wader di Mojokerto, Jawa Timur. Tapi, pernahkan Anda mendengar Wader? Wader merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan di sungai. Memang ikan wader berukuran kecil, namun jangan pernah menyepelekan kelezatan yang ditawarkannya. Selain itu, di dalam sambel wader, Anda juga bisa menikamti ikan-ikan lainnya yang bisa dinikmati sepuasnya dalam satu porsi sajian menggugah selera.

Nah, itulah menu makanan khas asli Indonesia yang rasanya sangat mantap dan bikin ketagihan untuk mencoba lagi. Tentu saja, masih banyak menu-menu makanan lainnya yang juga tidak kalah enaknya. Hanya saja, itu sungguh sangat banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk kita ulas semua. Bagi Anda yang tergoda dan ingin mencoba, tunggu apa lagi. Yuk meluncur!

 

Leave a Reply