Wanita Wajib Tahu Ciri-ciri Keputihan Normal dan Abnormal

Keputihan merupakan salah satu hal yang biasa dialami oleh setiap wanita yang sudah cukup umur, biasanya keputihan terjadi sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan ini dikenal juga dengan nama Fluor Albus, sangat normal seorang wanita mengalami keputihan. Namun ternyata keputihan terbagi menjadi dua bagian, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal adalah keputihan yang biasa dialami oleh setiap wanita, dan hal tersebut sama sekali tidak membahayakan, bahkan keputihan merupakan cara alami tubuh membersihkan dan menjaganya agar tetap sehat, biasanya keputihan juga dijadikan sebagai pelumas vagina yang alami untuk melindungi iritasi dan inveksi, namun keputihan abnormal sangat berbahaya, jika anda mengalami keputihan abnormal maka segera periksa ke dokter spesialis.

www.pexels.com

Ciri-ciri Keputihan Normal dan Abnormal

Keputihan normal sangat mudah dikenali, memiliki warna yang bening dan keputih-putihan, tidak menimbulkan bau yang menyengat, serta tidak membuat anda gatal diarea vital. Biasanya keputihan normal ini sering sekali keluar saat waktu tertentu, seperti saat masa ovulasi, terangsang secara seksual, saat menyusui, menggunakan pil KB, dan muncul banyak saat anda sedang setres. Adapun keputihan abnormal sangat mengganggu dan memiliki ciri-ciri berikut ini :

  • memiliki warna cairan yang tidak biasa, seperti warna cairan yang abu-abu, kekuningan dan kehijauan
  • memiliki bau yang menyengat, seperti bau busuk dan bau amis
  • memiliki tekstur yang tidak biasanya, seperti tekstur yang lebih lengket, lebih kental, berbusa, menggumpal dan keanehan lainnya.
  • jumlah keputihan yang abnormal biasanya lebih banyak dibanding biasanya, selain itu juga mudah menempel di pakaian Karena lengket.
  • cairan keputihan tersebut kadang juga disertai dengan darah
  • area vital akan terasa gatal dan panas

Jika anda mengalami ciri-ciri keputihan diatas maka segera datang untuk berobat dan berkonsultasi kedokter, selain itu ubah pola hidup anda yang tidak sehat menjadi pola hidup yang lebih sehat. Jika tidak segera diobati atau diatasi maka bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, bahkan bisa menyebabkan komplikasi.

www.pexels.com

Penyebab Keputihan Abnormal Dan Cara Menjaga Keputihan Normal

Keputihan normal adalah keputihan yang lumrah dialami oleh banyak orang, namun keputihan abnormal tidak semua wanita mengalami, berikut ini adalah penyebab adanya keputihan abnormal yang harus diketahui :

  • bacterial vaginosis

adanya bakteri ini disebabkan Karena ketidakseimbangan pertumbuhan bakteri anaerob didalam vagina, ciri-ciri dari keputihan ini adalah memiliki warna yang keabu-abuan, jumlahnya banyak, dan memiliki bau yang amis, dan orang yang mengalami keputihan ini akan merasa gatal diarea vagina.

  • human papillomavirus atau dikenal dengan nama HPV

dikenal juga sebagai kanker serviks, wanita yang terjangkit ini biasanya akan mengeluarkan cairan yang berwarna coklat, berdarah, dan berbau tajam menyengat.

  • Trichomoniasis

merupakan penyakit menular yang harus anda hindari, penyebab dari penyakit ini adalah parasit Trichomonas vaginalis, memiliki ciri antara lain berwarna kekuningan, ada juga yang kehijauan, memiliki bau yang amis, sering juga berbusa, dan keluar dalam jumlah yang banyak, biasanya daerah seputar vagina akan gatal kemerahan.

  • peradangan pelvis

dikenal juga dengan nama peradangan pinggul, adalah infeksi yang tersebar akibat hubungan seksual, bahkan bisa menyebabkan kotoran berbau busuk.

www.pexels.com

  • Candiasis

selanjutnya keputihan yang abnormal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans, memiliki cirri berwarna putih, kental, area vital akan terasa panas dan gatal, bahkan bisa membengkak.

  • Gonore dan Chlamydia

adalah infeksi menular seksual yang akan menghasilkan cairan yang abnormal\l, cairan yang keluar biasanya berwarna kuning dan kehijauan.

Dan bagi anda ingin tetap menjaga keputihan normal, ada banyak cara yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah :

  • sering ganti celana dalam

bagi anda yang saat ini sedang mengalami menstruasi dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya pastikan anda mengganti celana dalam sesering mungkin, dengan begitu maka area vagina akan tetap nyaman dan tidak lembab.

  • gunakan celana dalam yang nyaman dan mampu menyerap keringat

selanjutnya gunakan celana dalam yang nyaman, tidak sesak dan mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga area vagina akan tetap kering dan bakteri tidak akan menempati area tersebut.

  • hindari sabun wangi, antiseptic dan gel

selanjutnya jangan gunnakan sabun wangi, gel dan antiseptic. Karena sabun tersebut bisa merusak ph yang ada disekitar vagina.

  • pastikan membersihkan area vital dengan benar

pastikan ketika anda membersihkan setelah buang air besar mulai dari depan kebelakang, jika anda salah maka anda mudah terkena bakteri diarea yang tidak diinginkan.

  • cuci area wanita dengan lembut

pastikan anda mencuci dengan lemah lembut, jangan gosok secara kasar, dan pastikan mengeringkan dengan handuk yang  kering dan halus.

  • bagi anda yang terkena jamur maka bisa mengatasi dengan obat antijamur, jika tidak yakin maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terpercaya.
  • gunakan kondom saat berhubungan seksual

bagi anda yang ingin aman dan terlindungi maka sebaiknya gunakan kondom, dan sebaiknya anda tidak berganti-ganti pasangan, karena bisa membuka peluang besar untuk terjangkit bakteri berbahaya.

www.pexels.com

Obat Keputihan Alami dan Dokter

Bagi wanita yang mengalami keputihan normal tidak ada yang perlu dicemaskan, namun berbeda bagi wanita yang mengalami keputihan abnormal, mereka harus segera konnsultasi ke dokter, atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat keputihan yang banyak dijual diapotik, namun tidak semua obat tersebut bebas diperjual belikan, ada beberapa obat yang harus menggunakan resep dari dokter. pertama adalah obat keputihann yang disebabkan oleh infeksi jamur, untuk obat jenis ini bisa berbentuk gel dan krim. Untuk obat anti jamur yang bisa anda dapatkan tanpa resep dari dokter antara lain miconazole nitrat, tioconazole, klotrimazol dan masih banyak lagi lainnya. Dan untuk obat infeksi yang lebih parah harus menggunakan resep dokter adalah terconazole dan butoconazole.

Untuk obat keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasa diresepkan oleh dokter antara lain metronizole, tinidazole, clindamycin, metronidazole, dan masih banyak lagi lainnya. Dan bagi anda yang sedang hamil muda dan mengalami keputihan abnormal maka segera melakukan pemeriksaan kedokter yang bersangkutan, atau dapatkan juga obat telat bulan yang paling cocok. Selain itu pastikan memulai dan menjalani pola hidup yang sehat, konsumsi makanan yang sehat, pastikan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran brokoli, bayem dan lainnya. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, perbanyak makan telur, daging, salmon, kacang-kacangan, beragam produk susu yang aman dan masih banyak lagi makanan lainnya, jangan lupa juga untuk selalu cek kesehatan anda kedokter secara rutin. Dengan menjalani pola hidup yang sehat serta mengkonsumsi makanan yang tepat maka anda akan lebih sehat dan dijauhkan dari beragam hal yang tidak diinginkan termasuk mengalami keputihan abnormal.

Leave a Reply