Tips dan Trik Cara Bisnis Online Agar Keuntungan Maksimal

Era digital seperti sekarang sudah banyak membawa kemudahan bagi manusia karena segala sesuatu hampir bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Selain digunakan untuk mengakses segala macam informasi, internet juga bisa digunakan sebagai sarana berdagang atau dikenal juga sebagai bisnis online. Cara bisnis online ini bisa dibilang sederhana dan mudah dilakukan, modalnya pun tidak besar. Anda bisa menghasilkan uang dengan mudah asalkan mampu mengatur strategi berbisnis yang tepat.

Mengapa Harus Bisnis Online?

Bisnis online merupakan usaha yang dijalankan menggunakan perantara internet. Melalui bisnis ini pihak-pihak yang terlibat di dalamnya seperti contohnya penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk melangsungkan kegiatan bisnisnya melainkan bisa dari jarak jauh asalkan sama-sama terhubung dengan jaringan internet. Bisnis online ini pun sangat banyak jenisnya, bisa berupa jualan barang secara online, menawarkan jasa secara online dan masih banyak lagi. Menjalankan secara online ini sebenarnya punya banyak kemudahan dibandingkan menjalankan usaha konvensional, berikut diantaranya:

  • Tidak membutuhkan tempat berbentuk fisik

Bisnis seperti berdagang secara konvensional tentunya butuh tempat yang bisa berupa lapak, kios hingga toko. Tempat berjualan ini sifatnya bisa milik sendiri ataupun sewa yang tentunya menuntut Anda mengeluarkan biaya tersendiri. Berbeda dengan cara bisnis online, bisnis melalui internet ini bisa Anda lakuakn tanpa perlu memiliki tempat sendiri. Tentunya hal ini akan jauh menghemat pengeluaran untuk sewa tempat ataupun pemeliharaan lokasi bisnis lainnya. Berjualan secara online bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan salah satu platform sebagai “toko” Anda. Platform ini pun sangat beragam bentuknya dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti blog maupun platform media sosial yang banyak digunakan masyarakat.

www.pexels.com

  • Biaya promosi bisa ditekan seminim mungkin

Jika berjualan secara konvensional membutuhkan media promosi berbentuk fisik seperti spanduk, banner, baliho dan lain-lain, berjualan secara online memberi kesempatan bagi Anda untuk bisa mempromosikan usaha Anda dengan sangat mudah dan gratis. Adanya berbagai media sosial bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan produk Anda kepada saudara, kerabat, teman maupun khalayak umum. Dengan begitu anggaran untuk promosi ini bisa Anda gunakan untuk memperluas usaha ataupun menambah stok barang dagangan.

  • Bisa dilakukan dari mana saja

Jika Anda berjualan di toko otomatis Anda perlu selalu menunggui toko ataupun membayar orang lain untuk menunggui toko Anda dan melayani pembeli. Hal ini bisa cukup membatasi pergerakan Anda tentunya. Berbeda hal nya dengan berjualan online. Anda bisa menangani permintaan konsumen dari mana saja, bahkan bisa Anda lakukan sembari menyelesaikan berbagai hal lainnya. Anda bisa selalu mengontrol dan memantau dagangan Anda sepanjang Anda terhubung dengan jaringan internet.

www.pexels.com

  • Modal usaha kecil

Anda yang hanya punya modal pas-pasan bahkan nol sama sekali tetap bisa mencoba cara bisnis online melalui banyak cara. Ada berbagai sistem bisnis online yang tidak memerlukan modal besar seperti sistem dropship. Sistem dropship ini adalah sistem jualan online yang menjadikan Anda sebagai perantara dari produsen ke konsumen. Anda berjualan atas nama toko Anda sendiri namun pesanan dari konsumen nantinya akan Anda kirimkan ke produsen atau distributor tempat Anda terdaftar sebagai dropshipper. Barang pesanan konsumen ini nantinya akan dikirimkan oleh produsen atau distributor namun atas nama toko Anda. Jadi, Anda tidak perlu punya stok barang tertentu untuk bisa berjualan. Modal gadget dan internet saja sudah bisa menghasilkan rupiah.

Cara Bisnis Online untuk Pemula

Meskipun bisa dibilang mudah dan tanpa modal, untuk bisa bersaing di dunia bisnis online sebenarnya tidak mudah. Banyaknya pesaing membuat Anda perlu lebih memutar otak untuk dapat mengembangkan usaha lebih baik lagi. Menjadi pebisnis online yang sukses tentunya perlu memahani cara bisnis online yang tepat. Berikut ini beberapa tips dan trik cara bisnis online agar usaha Anda bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal:

  • Jeli dalam membaca pasar dan menentukan produk dagangan

Sebelum memulai berbisnis online tentunya Anda harus lebih dulu menentukan produk apa yang akan Anda pasarkan. Penentuan produk dagangan ini pun sebaiknya dilakuakan dengan penuh pertimbangan. Pilihlah barang yang sekiranya banyak dibutuhkan masyarakat dan penggunaannya kontinyu. Contoh barang dagangan online yang akan terus eksis dan punya konsumen tetap adalah pakaian dan makanan. Hindari memilih produk dagangan yang musiman karena tentunya akan membuat permintaan tidak terus menerus ada setiap harinya.

www.pexels.com

  • Aktif di sosial media

Media sosial adalah salah satu sarana promosi yang paling efektif dengan catatan Anda punya jaringan yang luas di media sosial tersebut. Memperluas jaringan di media sosial bisa dimulai dengan membuat akun dengan nama toko online atau bisnis Anda kemudian cobalah untuk menambahkan teman sebanyak mungkin. Semakin luas jaringan di media sosial Anda maka akan semakin banyak calon pembeli yang akan menggunakan produk Anda.

  • Buatlah branding yang baik

Branding adalah salah satu faktor penting di dalam sebuah usaha. Buatlah nama usaha Anda dan cobalah branding sebaik mungkin. Langkah branding ini dimulai dengan memilih nama usaha yang tepat, pilihlah nama yang unik serta mudah diingat. Setelah menemukan nama yang tepat selanjutnya Anda perlu membuat logo . Logo ini bisa berbentuk tulisan dari nama usaha Anda ataupun simbol tertentu. Adanya logo ini akan membuat brand Anda semakin terlihat mahal. Kalau Anda kurang bisa membuat logo yang baik, Anda bisa meminta bantuan pada teman yang berbakat di bidang desain grafis. Selain itu pilihlah desain kemasan yang kekinian yang dapat menarik minat generasi muda khususnya, contohnya bentuk kemasan standing pouch.

  • Perhatikan kualitas foto produk yang Anda posting

Semakin bagus foto produk yang Anda tampilkan akan semakin menarik perhatian konsumen untuk membeli. Jika Anda berstatus sebagai reseller suatu produk tidak ada salahnya untuk memfoto kembali produk yang Anda pasarkan alih-alih menggunakan foto produk yang Anda dapat dari agen. Membuat foto sendiri dengan kualtias yang lebih baik akan membuat toko Anda berbeda dari toko serupa yang umumnya menampilkan display foto produk yang seragam.

www.pexels.com

  • Utamakan kualitas

Bagi pedangan menjaga kepercayaan pembeli adalah hal yang utama dan bisa dicapai salah satunya dengan menjaga kualitas produk. Pastikan Anda menjual produk yang sesuai dengan apa yang Anda tampilkan di foto pada toko online Anda. Jangan sampai apa yang konsumen dapat berbeda dengan apa yang mereka lihat di media promosi Anda sebelumnya karena hal ini bisa membuat konsumen enggan berbelanja kembali pada Anda.

Keuntungan yang berlipat bisa Anda dapatkan dengan menerapkan cara bisnis online yang tepat. Berbisnis online memang memerlukan strategi agar bisa bertahan diantara banyaknya pesaing. Bersusah-susah di awal usaha adalah hal yang wajar dan jangan sampai membuat putus asa. Kunci penting dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis online adalah ketekunan dan juga kegigihan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin dijumpai.

www.pexels.com

Leave a Reply