Buku-buku Terbaik Topik Politik

Pentingnya Memahami Politik

Memasuki tahun politik tentu tidak heran lagi jika beranda sosial media maupun berita-berita di televisi akan dipenuhi dengan berita-berita politik terbaru. Berita-berita berbau politik tersebut seakan turut meramaikan jalannya demokrasi dalam pemilihan presiden mendatang. Debat calon presiden dan calon wakil presiden pun nampaknya bakal menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu untuk mengetahui kualitas masing-masing calon pemimpin negara ini. Mulai dari masalah ekonomi, kesejahteraan sosial, pendidikan, juga keamanan menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas dalam diskusi politik. Sehingga tak heran jika dalam setiap debat capres dan cawapres pasti selalu memasukkan topik-topik tersebut untuk mengetahui bagaimana visi dan misi masing-masing calon pasangan ketika memimpin bangsa ini nantinya.

Di era milenial seperti saat ini, memahami ilmu dan dunia politik tidak terbatas pada para pelaku politik seperti calon-calon legislatif yang nantinya akan menduduki kursi wakil rakyat saja. Sebagai masyarakat umum yang hidup berbangsa dan bernegara tentunya harus mulai menyadari untuk melek politik. Karena kita harus paham bahwa segala kebijakan yang ada dan berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat semuanya dipengaruhi oleh kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sebagai contoh kebijakan terkait kenaikan bahan bakar minyak, pajak, kebijakan harga-harga di pasaran, kebijakan birokrasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sangat penting untuk melihat maupun membaca berita-berita politik, membaca buku-buku politk, serta mencari referensi sebanyak-banyaknya terkait ilmu politik agar tidak tabu dan bersikap tak peduli terhadap politik.

Tak terkecuali bagi mahasiswa yang sedang mengambil kuliah di jurusan Ilmu Pemerintahan maupun Ilmu Sosial dan Politik. Pembahasan tentang materi politik tentu sudah menjadi makanan sehari-harinya. Setiap hari mereka disuguhkan dengan ilmu, teori, serta berita-berita politik yang di update setiap harinya. Tak heran jika selain internet maka buku pun menjadi teman baiknya terutama bagi mahasiswa akhir menjelang skripsi. Sehingga buku-buku yang berkualitas terbaik dan mengandung cakupan bermutu akan ilmu politik sangat penting untuk dimiliki atau dibaca sebagai referensi setiap orang baik mahasiswa Ilmu Politik, pelaku politik pemerintahan, maupun masyarakat pada umumnya. BTW jika butuh artikel seputar politik, silakan kunjungi web ini untuk menyewa jasa penulis artikel.

www.pexels.com

Rekomendasi Buku-buku Ilmu Politik

Secara pengertian, politik merupakan suatu proses pembentukan maupun pembagian kekuasaan di dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Politik selalu identik dan berkaitan dengan pemerintah dari suatu negara. Kebijakan politik sangat penting untuk mengutamakan kepentingan rakyat karena dalam proses perumusan dan pelaksanaannya merupakan kebijakan publik yang sangat berpengaruh terhadap kepentingan rakyat. Ada berbagai macam teori politik yang diutarakan beberapa ahli politik seperti Aris Toteles. Sistem politik yang dianut negara-negara di dunia ini pun beragam seperti anarkisme, demokrasi, fasisme, liberalism, kapitalisme, komunisme, monarki, dan masih banyak lagi. Pembahasan tentang ilmu politik memang sangat panjang dan beragam dengan berbagai teori dan sistem yang dianut. Berikut ini beberapa rekomendasi buku-buku ilmu politik yang bisa dijadikan referensi:

  1. Dasar-dasar Ilmu Politik – Prof Miriam Budiardjo

Seperti judulnya, buku ini tentu saja membahas tentang dasar-dasar ilmu politik. Bab 1 dalam buku ini memberikan pembahasan mengenai sifat, arti, dan hubungan ilmu politik dengan ilmu pengetahuan lainnya. Teori tentang perkembangan dan definisi ilmu politik menjadi salah satu pokok bahasan utama dalam bab ini. Konsep-konsep politik termaktub dalam bab 2 yang mencakup teori politik serta definisi masyarakat dan negara. Pendekatan ilmu politik pun beragam mulai dari pendekatan legal atau institusional, pendekatan perilaku, teori ketergantungan (Dependency Theory), pendekatan pilihan rasional (Rational Choice), dan pendekatan institusionalisme baru dibahas secara gambling di bab 3.

Total bab yang ada dalam buku ini ada 12 bab. Bab selanjutnya yaitu bab 4 membahas tentang sistem demokrasi yang merupakan sistem politik yang saat ini sedang kita anut di Indonesia. Sistem politik lainnya seperti komunisme, demokrasi menurut terminology komunisme, dan perkembangan post komunisme terangkum dalam bab 5. Konstitusi Undang-undang Dasar, ciri-ciri UUD, UUD dan Konvensi, pengertian serta perubahan dan supremasi UUD terangum dengan jelas dalam bab 6. Bab 7 membahas mengenai hak-hak asasi manusia dan perkembangan hak asasi manusia di Eropa. Selanjutnya pembagian kekuasaan negara secara vertical dan horizontal dibahas dalam bab 8. Informasi lengkap tentang kelembagaan badan eksekutif, legislative, dan yudikatif terdapat dalam bab 9. Sedangkan partisipasi politik, partai politik termasuk tentang sistem pemilihan umum dibahas mulai bab 10 hingga bab 12.

www.pexels.com

  1. Etika Politik – Franz Magnis Suseno

Buku Etika Politik yang ditulis oleh Franz Magnis Suseno ini menjadi salah satu buku yang wajib dibaca atau dimiliki oleh mahasiswa ilmu politik maupun para pelaku politik di pemerintahan. Politik sendiri menurut pandangan etika hanyalah sebuah alat untuk mengatur kehidupan manusia atau masyarakat dalam suatu negara. Dalam bukunya tersebut, Franz mengungkapkan bahwa etika politik merupakan cabang dari ilmu filsafat di mana filsafat sendiri terbagi menjadi filsafat teoretis dan filsafat praktis. Filsafat teoritis biasanya mencakup pertanyaan-pertanyaan apa itu manusia, hakikat realitas, pengetahuan, alam, dan lain sebagainya. Sedangkan filsafat praktis merupakan cabang ilmu filsafat yang langsung mempertanyakan praktis manusia yang disebut sebagai etika. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa etika politik merupakan pertanyaan mengenai tanggung jawab dan juga kewajiban manusia sebagai manusia bukan hanya sebagai warga negara, akan tetapi terhadap negara dan hukum yang berlaku di negara tersebut. Franz juga membahas tentang bagaimana seharusnya pemimpin dapat menjaga dengan baik lembaga-lembaga kenegaraan, bagaimana hukum dapat berjalan dengan adil dan bijaksana, serta apa yang seharusnya menjadi tujuan dasar dan sasaran segala kebijakan politik yang ada.

  1. Negara Paripurna – Yudilatif

Buku ini sangat menarik untuk baca karena seolah menjawab pertanyaan mendasar tentang sesungguhnya kita bernegara itu untuk apa? Dalam bukunya tersebut Yudi menjelaskan sisi sejarah atau historis tentang bagaimana para pendiri negara mencari titik temu, kebaikan bersama, dan kehendak bersama untuk memperjuangkan kebagiaan masyarakat Indonesia hingga akhirnya lahirlah Pancasila yang sampai sekarang menjadi dasar negara dan merupakan simpul pokok titik tengah keemasan yang menyatukan keberagaman Negara Indonesia. Uraian lengkap dan sejarah tumbuhnya ideology Pancasila serta bagaimana terbentuknya bangsa ini dijelaskan secara lengkap di buku ini. Hal itulah yang menjadi salah satu kekuatan buku ini yang menekankan tentang historitas, rasionalitas, dan aktualitas Pancasila.

  1. Pengantar Ilmu Politik – F.Isjwara

Buku Pengantar Ilmu Politik yang ditulis oleh F.Isjwara ini diterbitkan sejak tahu 1964 oleh Penerbit Dhiwantara. Dalam bukunya tersebut F.Isjwara banyak menuliskan tentang pokok dan hakekat ilmu politik, peristilahan, metode dan teknik ilmu politik, ilmu politik dan ilmu hukum, ilmu politik dan sejarah, beberapa arti dari kata negara, negara dan kedaulatan, nasionalisme natie dan negara nasional, teori ketuhanan, teori kekuatan, beberapa klasifikasi tujuan dan fungsi negara, beberapa pengklasifikasian lainnya, uni dan perserikatan negara-negara, serta negara kemakmuran bersama Liga Bangsa-bangsa. Konten yang sangat menarik dan lengkap untuk tahap awal mempelajari ilmu-ilmu dasar politik. Karena buku ini sudah mencakup semua hal terkait tentang negara dan bagaimana meraih kemakmuran dalam suatu negara termasuk organisasi internasional yang menaungi seluruh negara-negara di dunia pada saat itu yaitu Liga Bangsa-bangsa.

www.pexels.com

  1. Sistem Politik Indonesia – Drs.Arbi Sanit

Buku ini sudah diterbitkan sejak tahun 1995 oleh PT Raja Grafindo Persado dan berisi 114 halaman. Dalam buku Sistem Politik Indonesia” Kestabilan, Peta Kekuatan Politik, dan Pembangunan ini Drs.Arbi Sanit membahas tentang sistem politik di Indonesia dalam 5 bab. Bab 1 berisi tentang kestabilan politik dan peta politik serta penggolongan kekuatan-kekuatan politik. Bab berikutnya membahas tentang partisipasi politik dan legitimasi sistem politik termasuk di dalamnya tentang pengorganisasian dan pengelompokan partai politik. Angkatan bersenjata dalam pembangunan dan pembaharuan politik pun tak luput untuk dibahas di dalam bab 3 buku ini. Sedangkan bab 4 salam buku tersebut lebih banak membahas tentang mahasiswa dan angkatan muda yang di dalamnya mencakup angkatan muda dan politik serta mahasiswa dan politik. Bab 5 yang menjadi bab terakhir buku ini membahas tentang politik, pembangunan, dan kesejahteraaan masyarakat termasuk tentang bagaimana harusnya partisipasi masyarakat di dalam pembangunan tersebut.

  1. Seokarno : Pemikiran Politik dan Kenyataan Praktek – Nazaruddin S

Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini yang dikenal sebagai proklamator karena kegigihannya bersama rakyat Indonesia negara ini pun berhasil mencapai kemerdekaannya. Buku ini secara tidak langsung merupakan biografi dari Presiden pertama Republik Indonesia ini. Ir.Soekarno dikenal sebagai ahli siasat politik ulung dan penggalang masa yang tiada tandingan sebagai hasil dari ragam realitis politik yang dihadapinya. Ternyata pada masanya konsep yang hendak dibangun dan dikembangkan ternyata sangat berbeda dan banyak bertentangan. Namun, perlu diakui bahwa Sekarno merupakan milik bangsa yang sangat bernilai dan pemikiran serta pengalaman politiknya merupakan suatu asset yang sangat baik untuk dipelajari, disimak, serta dirangkum menjadi kekayaan intelektual bangsa ini. Bahkan segala aspek kehidupan, pemikiran, serta tingkah laku politik beliau pun sangat menarik untuk diteliti.

  1. Soe Hok Gie : Catatan Seorang Demonstran

Tokoh idealis yang selalu berpegang teguh pada prinsipnya ini menjadi legenda di kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Pemikiran-pemikiran (alm) Soe Hok Gie yang dulunya merupakan mahasiswa Jurusan Sejarah FSUI tersebut berhasil dirangkum dalam buku Catatan Seorang Demonstran yang berisi kumpulan catatan harian semasa hidupnya. Bahkan sosoknya sampai difilmkan karena pemikiran-pemikiran kritis dan berani terhadap sistem politik dan pemerintahan di Indonesia. Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena akan membuka wawasan baru dalam dunia perpolitikan.

  1. Madilog – Tan Malaka

Buku ini berisi tentang pemikiran-pemikiran Tan Malakan mengenai gagasan kebangsaan. Tan Malaka merupakan orang yang pertama kali menulis konsep tentang Republik Indonesia ke dalam sebuah buku yang berjudul Naar de Republiek Indonesia pada tahun 1925. Buku tersebut akhirnya menginspirasi Ir.Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air Indonesia. Buku ini sempat dilarang beredar dan selama bertahun-tahun pula nama beliau dimusnahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Buku Madilog sendiri merupakan singkatan dari Materialisme, Dialektika, Logika yang bakal menuntun pikiran kita untuk dapat berpikir secara kritis, rasional, dan penuh pertimbangan.

www.pexels.com

Leave a Reply